Sukses

Entertainment

Editor Says: Gengsi Bikin Rugi

Fimela.com, Jakarta Setiap orang didunia ini pasti punya rasa gengsi dengan kadar yang berbeda-beda. Dari sekian banyak manusia didunia ini, mungkin gak ya ada orang yang mendedikasikan hidupnya untuk memenuhi gengsi semata? Jawabannya tentu bisa iya atau tidak, mungkin Anda bisa melihat lingkungan sekeliling untuk memastikan hal tersebut.

Berbicara mengenai gengsi, sebenarnya butuh tidak ya hidup dengan gengsi itu? Sepanjang saya berpikir, rasanya gengsi itu seperti benalu yang merugikan diri, karena saya sendiri merasa lelah saat terus menuruti gengsi.

Masih pilih hidup gengsi? (Foto: Pinterest)

Saat menyadari hal tersebut, saya pun mencoba melihat lingkungan sekitar, melihat mereka yang sibuk dan menyulitkan diri dengan berbagai hal untuk memenuhi gengsi mereka. Jika mampu memenuhi gengsi tentu tak masalah, yang jadi masalah ada ketika kita tak menyadari bahwa diri ini tak mampu untuk memenuhi rasa gengsi, yang nantinya akan menimbulkan berbagai penyakit, mulai dari iri, dengki bahkan membenci.

Kok bisa? Tentu bisa, contohnya iri saat teman punya kekasih baru saat Anda masih sendiri, gengsi tak bisa menghadiri acara hitz atau tak bisa memiliki barang-barang mewah. Namun semua kembali ke masing-masing orang ya, karena kadar gengsi tentu berbeda-beda.

Masih pilih hidup gengsi? (Foto: Pinterest)

Menulis soal gengsi saja saya merasa lelah, dan saya tak bisa membayangkan jika ada orang yang mati-matian menjalani hidupnya untuk menuruti gengsi.

Sebenarnya apa sih yang dicari dalam hidup ini? Kalau jawabannya adalah kebahagiaan, mungkin Anda tak perlu bersusah payah menjalani hidup tanpa gengsi. Menilik arti dari kebahagiaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia menuliskan, bahwa kebahagiaan adalah kesenangan dan ketentraman hidup (lahir batin). Jadi kalau Anda merasa tak bisa mendapatkan kebahagiaan dari hidup gengsi untuk apa dipertahankan?

Menanti Tren Hidup Sederhana

Melihat publik figur yang hidup dalam kemewahan rasanya itu adalah pemandangan yang sangat biasa, karena memang mereka seperti ditakdirkan untuk menjalani gaya hidup yang tinggi. Namun, kita yang sadar akan kemampuan diri pun tak perlu menjadikan mereka sebagai acuan dalam hidup.

Masih pilih hidup gengsi? (Foto: Pinterest)

Memiliki keinginan untuk menjadi seperti mereka sih sah-sah saja, tapi kalau sampai menyusahkan diri sendiri bahkan orang lain rasanya lebih baik tak usah ya.

Bersebrangan dengan hal tersebut baru-baru ini pun muncul tren gaya hidup sederhana yang dilakukan oleh selebriti papan atas Korea, Rain dan Kim Tae Hee. Keduanya terkenal sebagai pasangan selebriti kaya, namun mereka justru memilih untuk menggelar pernikahan sederhana.

Kim Tae Hee dan Rain menikah pada 19 Januari 2017. (Foto: Soompi)

Bukan tanpa alasan, mereka melakukannya karena kepekaan atas kondisi perekonomian yang tak stabil. "Saat kami memikirkan hal itu, perekonomian sedang tidak stabil, jadi kami tidak mengelar pernikahan mewah mengingat kondisi tersebut,” tutur Kim Tae Hee dilansir dari laman Soompi.

Semoga setelah Rain dan Kim Tae Hee akan ada banyak publik figur yang turut menciptakan tren hidup sederhana, hingga nantinya tak banyak orang yang merasa kesulitan menjlani hidup karena harus memenuhi rasa gengsinya.

 

Lanny Kusumastuti,
Editor Kanal Celeb

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading