Sukses

Entertainment

Venna Melinda Tak Tutup Pintu Silaturahmi untuk Orangtua Vania

Fimela.com, Jakarta Vania Athabina adalah nama bayi yang sedang diperjuangkan  Venna Melinda untuk menjadi anak angkatnya secara sah. Hingga saat ini hampir sembilan bulan Venna berupaya mendapatkan penetapan secara resmi dari negara sebagai orangtua angkat Vania.

Dalam proses tersebut, Venna mengaku ikhlas jika seandainya orangtua asli dari Vania mendatanginya dan berusaha untuk mengambil darinya. Akan tetapi, ia berharap Vania tetap menjadi anak angkatnya dan ia berjanji tak akan menutup tali silaturahmi antara Vania dengan orangtua kandungnya.

"Sesuai komitmen bu Venna, kalau emamg orangtua Vania mengunjungi dan menjenguk ya boleh. Kita tidak ada menutup-nutupi antara orangtua asli dan orangtua Vania sekarang," kata pengacara Venna, Novio Manurung di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Senin (19/6).

"Namun, dari sisi hukum ada KUHP-nya, ada hukum pidana tentang penelantaran anak. Tapi dari sisi kemanusiaan, ibu Venna sudah sangat komitmen, tidak akan memutus tali silaturahmi anak dan orangtua," lanjut Vio.

Venna Melinda membantah jika pengurusan penetapan pengangkatan anak ini ditujukan agar orangtua aslinya tak berani mengusik Vania bersamanya. Menurutnya, pengurusan ini sesuai dengan prosedur hukum di Indonesia.

Venna Melinda bersama Vania (Instagram/@venna.melinda)

"Di Indonesia harus sesuai hukum semua. Secara Islam saya memuliakan anak-anak seperti Vania. Tapi karena saya tinggal di Indonesia yang negara hukum, saya harus mengikuti aturannya, harus punya legalitas," ujar Venna.

Dengan adanya legalitas dari Vania, nantinya akan berimbas pada kepentingan anaknya juga dalam mengurus surat-surat keterangan lainnya, semisal paspor, akta kelahiran, asuransi dan lain-lainnya yang membutuhkan surat resmi.

"Kalau saya gak punya legalitas, misalnya saya mau Vania punya paspor, buat sekolah juga gimana kalau gak ada akta kelahiran, saya mau asuransi pendidikan juga bingung. Ini semua kepentingan negara dan kepentingan Vania karena dia warga Indonesia. Jadi saya harus ikuti semua peraturannya," tukas [Venna](2997020 "").

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading