Sukses

Entertainment

Celeb Bio Tohpati

Fimela.com, Jakarta Sosok Tohpati telah mewarnai belantika musik Tanah Air lebih dari tiga dekade terakhir. Pria kelahiran Jakarta, 25 Juli 1971 ini mengawali karier bermusiknya sejak masih remaja dari panggung ke panggung.

Saat usianya menginjak 14 tahun, Tohpati berhasil menyabet gelar Gitaris Terbaik pada Festival Band se-DKI. Empat tahun berselang, ia kemudian dinobatkan sebagai Gitaris Terbaik Festival Band se-Jawa. Di tahun yang sama, pemilik nama lengkap Tohpati Ario Hutomo tersebut berhasil meraih gelar Gitaris Terbaik pada Yamaha Band Explosion tingkat Nasional.

Sejak namanya bersinar di kancah festival, Tohpati pun kian serius menapaki kariernya di industri musik Indonesia. Tahun 1993, ia tergabung dalam grup Simak Dialog yang beranggotakan Riza Arshad, Arie Ayunir, dan Indro Hardjodikoro. Bersama Simak Dialog, Tohpati menelurkan tiga album; Lukisan, Baur, dan Trance/Mission.

Barulah pada tahun 1998, Tohpati merilis album solo perdananya. Tak tanggung-tanggung, Tohpati menggaet beberapa penyanyi pop berbakat seperti Glenn Fredly dan Shakila. Bahkan, lagunya bersama Shakila yang berjudul Lukisan Pagi berhasil menjadi jawara di beberapa tangga lagu di Tanah Air.

Celeb Bio Tohpati  (Fotografer: Bambang E Ros, Desain: Nurman Abdul Hakim/Bintang.com)

Hingga kini, Tohpati tercatat sudah memiliki delapan album solo. Bukan cuma sebagai gitaris handal, Tohpati juga dikenal sebagai penulis lagu. Salah satu gitaris jazz yang memiliki pengaruh besar untuk karier Tohpati yakni Pat Matheny. Banyak karya-karya Tohpati yang sukses memadukan elemen kebudayaan tradisional dan unsur modern.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading