Sukses

Entertainment

7 Aktor yang Berhasil Perankan Bapak Proklamator Soekarno-Hatta

Fimela.com, Jakarta Ada sejumlah aktor Indonesia yang pernah berperan sebagai tokoh proklamator Soekarrno-Hatta. Tentu jadi suatu kebanggaan ketika seorang aktor dapat melakoni peran sebagai tokoh negara. Apalagi kalau ia adalah Bung Karno dan Bung Hatta. Bung Karno termasuk tokoh pahlawan yang beberapa kali ditampilkan di layar lebar maupun layar kaca.

Karakter Bung Karno yang begitu kuat dan karismatik membuatnya sangat menarik untuk diangkat ke dalam sebuah karya seni, terutama lewat media film. Bahkan tak hanya di film-film Indonesia, beberapa film luar negeri pun pernah menampilkan karakter Bung Karno.

Meski begitu, bukan hal mudah untuk memerankan sosok Bung Karno. Ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan untuk memilih pemeran Soekarno. Begitu juga dengan Bung Hatta yang seakan tak bisa terpisahkan dari Bung Karno.

Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia ke72, Bintang.com menampilkan sejumlah aktor Indonesia yang pernah berperan sebagai Bung Karno dan Bung Hatta dan dianggap cukup sukses dari pemeran lainnya. Ada yang memerankannya lebih dari satu kali, ada yang tak mendapat restu dari anggota keluarga Bung Karno. Siapa saja mereka?


Umar Kayam

Umar Kayam. Foto: via blog.digishelf.co.id

Mendiang Umar Kayam sudah dua kali tampil sebagai Soekarno. Pertama pada film Pengkhianatan G 30 S/PKI yang rilis tahun 1984, selanjutnya pada film Djakarta 1966 di tahun 1988. Keterlibatan Umar di dua film ini dibawah arahan sutradara Arifin C. Noer. Meski secara fisik tidak terlalu mirip dan tak punya pengalaman akting mumpuni, budayawan dan sastrawan yang meninggal dunia pada tahun 2002 ini bisa membawakan peran Soekarno dengan cukup baik.

Baim Wong

Baim Wong berperan sebagai Presiden Soekarno dalam film Jenderal Soedirman garapan sutradara Viva Westi, Balai Sudirman, Tebet, Jakarta, Selasa (20/1/2015). (Liputan6.com/Panji Diksana)

Memerankan tokoh Proklamator Indonesia tentu jadi kebanggan bagi Baim Wong. Bukan hanya sekali, tapi dua kali. Aktor berusia 36 tahun ini pertama kali berperan sebagai Soekarno di film ‘Ketika Bung di Ende’ (2013) yang hanya ditayangkan di TVRI.

Film tersebut menceritakan kehidupan Bung Karno saat diasingkan di Ende pada 1934. Baim kemudian memerankan Bung Karno lagi di film Jenderal Soedirman (2015) yang dibintangi Adipati Dolken. Di film kedua ini, karakter Bung Karno menjadi pemeran pendukung.

David Chalik

David Chalik sebagai Bung Hatta. foto: youtube

Kiprah David Chalik sebenarnya lebih banyak di bidang presenter. Selain itu ia juga pernah tampil di beberapa film layar lebar dan dokumenter. Salah satu film dokumenter yang pernah dibintanginya adalah ‘Hatta, Kesunyian yang Berbisik’ di tahun 2002. David mendapat peran sebagai Bung Hatta dalam film yang menjadi bagian dari seri Tokoh Bangsa garapan Garin Nugroho.

Film kerjasama SET Productions dengan Yayasan Bung Karno itu, menampilkan rekaman video lama tentang Bung Hatta, wawancara dengan ahli sejarah dan dramatisasi kehidupan Bung Hatta yang diperankan David Chalik. David yang juga berdarah Minang tentu merasa senang dan bangga bisa memerankan Bung Hatta, yang merupakan salah satu idolanya.

Anjasmara

Anjasmara sebagai Bung Karno. foto: twitter

Beda dengan pemeran Soekarno lainnya, Anjasmara punya hubungan cukup dekat dengan keluarga Bung Karno. Anjas ini adalah anak tiri Rachmawati Soekarnoputri, salah seorang putri dari Bung Karno. Anjas pun termasuk aktor yang paling sering memerankan Bung Karno. Setidaknya tiga kali suami dari Dian Nitami ini memerankan Bung Karno. Yang pertama, di sebuah FTV yang disutradarai Garin Nugroho dan ikut dibintangi David Chalik sebagai pemeran Bung Hatta.

Yang kedua, Anjas tampil dalam sebuah pertunjukkan wayang di tahun 2011 sebagai Bung Karno. Setahun kemudian, Anjas kembali berperan sebagai Bung Karno di panggung teater. Pergelaran yang memadukan seni drama, tari dan musik itu digagas dan diproduseri oleh Rachmawati Soekarnoputri.

Imam Wibowo

Imam Wibowo. Foto: via hendysangjuragan.wordpress.com

Tokoh Soekarno juga tampil di film drama epik sejarah, Soegija yang dibesut Garin Nugroho. Aktor yang berkesempatan memerankan Soekarno yaitu Imam Wibowo. Film ini mengisahkan tentang tokoh pahlawan nasional Albertus Soegijapranata. Selain di Soegija, Imam juga berperan sebagai Soekarno di film Ruma Maida dan Sang Kiai. Imam berarti sama dengan Anjasmara yang tiga kali memerankan Bung Karno.

Ario Bayu

Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI, film Soekarno: Indonesia Merdeka diharapkan bisa menyedot banyak penonton.

Usai tampil sekilas di beberapa film, Soekarno kemudian dibuatkan film sendiri yaitu Soekarno: Indonesia Merdeka (2013). Aktor Ario Bayu terpilih untuk melakoni peran sebagai proklamtor kemedekaan tersebut. Nama Anjasmara sempat muncul sebagai saingan yang disebut-sebut lebih cocok untuk berperan sebagai Soekarno oleh Rachmawati Soekarnoputri. Meski begitu, Ario Bayu yang akhirnya terpilih dan aktingnya mendapat banyak pujian.


Lukman Sardi

Lukman Sardi dan Bung Hatta. (via Twitter, Wikipedia)

Dibandingkan film-film lainnya, karakter Bung Hatta cukup banyak dikupas dan ditampilkan di film Soekarno: Indonesia Merdeka (2013). Sosok Bung Hatta diperankan aktor kawakan Lukman Sardi. Akting Lukman juga mendapat banyak pujian di film besutan Hanung Bramantyo ini. Bahkan duet aktingnya dengan Ario Bayu, disebut-sebut sebagai yang terbaik dalam memerankan duet Soekarno-Hatta.

Secara fisik, Lukman juga hampir mirip dengan Bung Hatta. Hal itu mendorong permintaan banyak pihak agar dibuatkan film biografi Bung Hatta. Lukman Sardi disebut-sebut akan kembali memerankan Bung Hatta, tapi belum ada perkembangan terbaru dari rencana pembuatan film tersebut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading