Sukses

Entertainment

HUT RI ke-72, Sederet Penyanyi ini Gencar Suarakan Indonesia

Fimela.com, Jakarta HUT RI ke-72 sudah di depan mata. Semangat kemerdekaan harus selalu dijaga setiap detiknya. Namun setiap memasuki bulan Agustus, rasa nasionalisme kembali menggelora mengingat perjuangan para pahlawan untuk kemerdekaan Republik Indonesia.

Para pahlawan di masa penjajahan berjuang dengan segala kekuatannya untuk nusantara. Namun di era sekarang seruan untuk menjaga kesatuan NKRI bisa diwujudkan dengan berbagai macam hal, termasuk karya musik.

Dari masa ke masa, selalu ada sosok yang menginspirasi dengan semangat nasionalismenya. Terkadang mereka melontarkan sindiran dan kritik terhadap pemerintah, dengan menyuarakan aspirasi rakyat.

Para musisi ini dikenal sebagai ikon yang berjuang dengan lirik-lirik dan aspirasinya. Menyambut HUT RI ke-72, berikut daftar lengkapnya.

Selanjutnya

 

1. Iwan Fals

Sulit dipungkiri, Iwan Fals menjadi tokoh yang disegani berkat karya-karyanya. Kadang tajam mengkritik, lagu-lagu Iwan Fals kerap menyinggung kondisi sosial yang terjadi di masyarakat. Sebutan OI, Orang Indonesia juga menjadi pemersatu barisan pendengar musik dan pengagum sosoknya. Dari Oemar Bakri hingga Wakil Rakyat, Iwan Fals mengungkap Indonesia dengan hal-hal yang perlu dibenarkan.

2. Slank

Band legendaris, Slank awalnya memang tak mau ikut campur dengan politik dan pemerintahan. NamunKaka dkk secara perlahan menjadi figur yang peduli dengan bangsanya. Slank menjadi Duta Anti Narkoba, perlindungan Hiu dan anti korupsi. Slank merupakan salah satu band dengan jumlah fans yang masif dan influensial.

Selanjutnya

3. Gombloh

Seperti halnya Slank dan Iwan Fals, almarhum Gombloh juga mewariskan lagu-lagu bertema nasionalisme. Kebyar-Kebyar mungkin menjadi salah satu yang paling ikonik dan terus terdengar hingga kini. Selain itu ada juga lagunya berjudul Kami Anak Negeri Ini dan Selamat Pagi Kotaku yang menggambarkan Indonesia.

Almarhum Gombloh (foto: doelhadi1733.blogspot.com)

4. Cokelat

Band rock yang satu ini melejit lewat lagu-lagu bertema cinta dan patah hati. Namun sisi lain Cokelat terungkap di lagu Bendera yang meraih sukses luar biasa. Lagu ciptaan Eross Candra tersebut seperti menjadi soundtrack di setiap event HUT RI atau event nasional lainnya. Grup yang pernah diperkuat Kikan ini juga baru saja merilis karya yang bertema nasional, sebagai tribut mereka untuk bangsa Indonesia.

Nah itu tadi sederet musisi dan penyanyi yang memiliki suara kuat tentang persatuan, dan aspirasi rakyat. Untuk memperingati HUT RI ke-72 mari kita beri apresiasi setinggi-tingginya untuk keempat musisi di atas.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading