Sukses

Entertainment

17 Agustus, 17 Artis Memaknai Kemerdekaan

Fimela.com, Jakarta Setiap tanggal 17 Agustus, kemerdekaan Indonesia selalu diperingati dengan berbagai cara. Berbeda zaman, berbeda pula cara memperingati dan menyikapinya. Saat ini, Indonesia telah merdeka selama 72 tahun. Kemerdekaan Indonesia memang diraih dengan darah, air mata dan perjuangan para pahlawan yang rela mengorbankan nyawa mereka.

Perjuangan para pahlawan, kerap diceritakan di buku-buku sejarah. Tanpa pamrih, mereka mengangkat senjata yang ada dan bersama-sama mengusir penjajah. Bahkan sampai proklamasi disuarakan Bung Karno dan Bung Hatta, penjajah masih saja mencari kesempatan untuk kembali menduduki kedaulatan Tanah Air.

Bersyukur, merupakan salah satu cara memaknai kemerdekaan Indonesia yang sudah menginjak tahun ke-72 itu. Sama halnya dengan masyarakat Idonesia lainnya, 17 artis ini memiliki pendapat tentang memaknai kemerdekaan RI ke-72 tahun. Namun benang merahnya, merdeka itu bermakna sebuah kebebasan.

Bebas berekspresi, bebas bersuara dan kebebasan lainnya yang tentu saja dibarengi dengan rasa tanggung jawab yang tinggi. Seperti apa selengkapnya 17 artis memaknai kemerdekaan? Simak ulasannya berikut ini.

1. Nadine Chandrawinata

Merdeka artinya kan bebas, artinya  bagaimana kita berbicara dan mendapat kebebasan kita tanpa menyinggung siapapun. Untuk 17 Agustus ini aku akan speak out tentang dolphins tentang sirkus lumba-lumba keliling. Kebetulan aku dukung melalui YouTube sendiri dan dari sea soldier juga akan speak out. Nggak cuma hak manusia saja tapi hak makhluk hidup lain juga, perlu diperjuangkan. Aku selalu bilang perjuangkan apa yang masih bisa diperjuangkan. Kemerdekan ini aku liat perjuangan zaman dulu mereka kan perjuangkan sesuatu dengan komitmen, komitmen  itu yang kita terapkan di diri masing-masing.

2. Ramon Y Tungka

Ramon Y Tungka. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Buat saya merdeka itu jauh dan bebas dari kebodohan, itu baru sudah merdeka.

3. Karina Nadila

Karina Nadia. (Adrian Putra/Bintang.com)

Merdeka itu artinya luas, nggak cuma merdeka dari penjajah, tapi merdeka mengemukakan pendapat, merdeka memilih jalan hidup, dan lain lain. Nah, arti luas merdeka itu akhirnya nge-lead kita pada satu hal, yaitu saling menerima perbedaan.

4.Albert Halim

Menurut saya makna kemerdekaan itu bisa berarti merdeka dari banyak hal. Contohnya masa lalu. Banyak orang (termasuk saya dulu) susah banget untuk lepas dari masa lalu. Well, sebenarnya nggak ada yang salah dengan masa lalu. Tuhan membiarkan apapun yang terjadi dengan masa lalu kita untuk membentuk pribadi kita yang sekarang. Sekarang tinggal cara berpikir kita nih. Mau dijadikan pelajaran atau dijadikan masalah? Percayalah, bahwa yang terbaik masih ada di depan sana. Be prepared guys.

5. Cut Meyriska

Cut Meyriska. (Adrian Putra/Bintang.com)

makna kemerdekaan Indonesia, ya sangat berarti lah buat kita, tapi ya semoga anak-anak muda yang baru sekarang ini supaya mengharagai juga pahlawan. Karena anak-anak muda zaman sekarang itu banyak yang lupa dengan kemerdekaan, cuek, seharusnya kembali kayak dulu lagi lah, ingat pejuang-pejuang kita seperti apa dan kita harus tetap berkarya, dan kita tetap perjuangkan Indonesia. 

6.Ringgo Agus Rahman

Arti merdeka, di rumah main sepuasnya, main game, nonton game of thrones tanpa ada jadwal kerja dan telpon yang berdering dan bisa makan kapan saja dan bisa kemana saja.

7.Hannah Al Rashid

Hannah Al Rashid. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Kemerdekaan untuk saya adalah pengingatan atas pengorbanan. Sometimes the greatest things can only be achieved through sacrifice. Kemerdekaan negara ini dicapai karena perjuangan and pengorbanan banyak sekali orang, kita tidak bisa take that for granted. Harapan saya, pemuda-pemudi Indonesia akan selalu ingat bahwa privilege yang mereka dapatkan sekarang, adalah hasil perjuangan dan pengorbanan banyak orang, dan jangan pernah mereka lupa kan itu, dan jangan pernah sia-siakan perjuangan pahlawan-pahlawan kita yang membawa kemerdekaan.

8. Reza Rahadian

Kami bisa hidup berdampingan walau berbeda keyakinan, itu adalah cara saya memaknai kemerdekaan Indonesia yang ke-72 tahun. Buat saya itu salah satunya.

Harapan saya semoga para pemangku kepentingam di republik ini tidak serta merta menjadikan agama menjadi senjata yang seolah-olah paling ampuh untuk memunculkan isu tertentu yang akhirnya memecah belah.

9. Dea Ananda

Kemerdekaan buat gue itu adalah jadi diri sendiri dan nggak ketergantungan dengan siapa-siapa. Lo bisa melakukan apapun semau lo, sesuka hati lo, karena lo membiayai hidup lo sendiri. Jadi lo nggak ketergantungan sama orangtua lo. Lo menikah, lo masih bisa berkarya, alias nggak ketergantungan dengan suami. Semerdeka-merdekanya perempuan, lo tetap harus tau posisi. Ada saatnya lo jadi istri, ada saatnya lo kerja. Jadi suami semakin respect sama lo. dan mereka memerdekakan lo lagi untuk berkarya. Terakhir, mandiri, berdiri sendiri dan tidak merugikan oranglain.

10. Afgan

Kemerdekaan buat gue dimulai dari dalam diri kita sendiri, disaat kita stand up untuk diri kita dan liberate dari semua negativity yang nggak deserve untuk ada di dalam hidup kita.

11. Gita Gutawa

Launching album Di Atas Rata-Rata (Deki Prayoga/bintang.com)

Buat aku, merdeka bukan hanya tentang kebebasan. Bangsa yang merdeka harusnya bangsa yang mandiri, percaya diri dengan kemampuannya dan berani menunjukkan kehebatannya di mata dunia. Dan mungkin itu tugas generasi muda seperti aku untuk mencapai itu.

12. Sha Ine Febriyanti

Merdeka buatku adalah kebebasan berkehendak, berpikir, berekspresi dan memilih sikap dan pandangan hidup tanpa intervensi dan paksaan dari siapapun. Jadi merdeka itu konteksnya luas banget.

13. Nindy Ayunda


Merdeka untuk aku sebagai musisi kalau pembajakan sudah dibasmi habis-habisan. Karena pembajakan itu merampas hak musisi. Sama kalau kita diberikan kebebasan untuk menulis pesan apapun melalui lagu tanpa dibatasi, itu baru merdeka.

14. Natasha Ratulangi

Makna kemerdekaan buat Aku adalah sangat luar biasa. Kemerdekaan menurut Aku adalah dimana ketika semua orang khususnya kaum Wanita dapat berdiri dengan cakarnya sendiri, tanpa bergantung pada orang lain sehingga memerdekakan hidupnya.

15. Anisa Rahma

Buat aku makna kemerdekaan itu bebas dari penjajahan, kita bebas berkarya dan mendapat hidup layak sejahtera, juga dapat pendidikan yang bagus. Selain itu bangsa kita dihargai di mata dunia. Kita bisa mengeluarkan pendapat tanpa merasa ada tekanan, dan kita sebagai generasi penerus bangsa bisa ikut serta membangun negara untuk mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan.

16. Lukman Sardi

Tentunya gua sebagai orang Indonesia ini menjadi hari yang membahagiakan. Bukan cuma merayakan 17 Agustus, tapi menjadi tempat kita berintropeksi sebagai sebuah negara sudah sampai mana kemerdekaannya.

Kalau buat gua kan orang ngomong merdeka berarti dia free, bebas untuk segala macam. Kita bebas berekspresi, bebas mengemukakan pendapat, Tapi tentunya dengan hal-hal yang masih dilingkupi dengan tanggung jawab, bukan yang asal ngomong seperti yang sekarang terjadi di sosial media yang akhirnya menimbulkan polemik. Nah menurut gua kemerdekaan juga bukan yang seperti itu, karena lu juga harua bertanggung jawab sama kemerdekaan itu sendiri.

17. Morgan Oey

Preskon film Sweet 20 (Deki Prayoga/bintang.com)

Bebas berkarya. Sekarang kita belum merdeka banget. Karena korupsi masih dimana-mana terus saling menyakiti sesama warga. Dan juga bebas berpendapat juga belum ya. Bebas berkarya juga. Jadi kalau selama ini kan karya kita masih ada yang ini nggak boleh itu nggak boleh, kadang susah ya, kalau dikasih terlalu bebas berpendapat jadinya kebablasan. Tapi dalam hal berkarya saya sih enggak mau diatur. For me as an artis, kemerdekaan itu bisa berekspresi sebebas-bebasnya.

Memperingati HUT RI ke-72, 17 artis mengungkapkan makna kemerdekaan 17 Agustus. Kalau kamu, bagaimana komentarnya? Tulis di kolom komentar ya.

What's On Fimela
Loading