Sukses

Entertainment

Dibully karena Cover Lagu Akad, Hanin Dhiya Minta Maaf

Fimela.com, Jakarta Akhir-akhir ini konten berjenis cover lagu memang semakin marak. Salah satu yang kerap membuat video cover adalah musisi muda berbakat, Hanin Dhiya.

Namanya dikenal sebagai jebolan ajang Rising Star pada 2014 lalu. Meski meraih posisi kedua, Hanin kembali banyak diperbincangkan karena video-video covernya yang viral.

Dua di antara video Hanin yang paling fenomenal adalah Surat Cinta Untuk Starla dari Virgoun, serta Akad milik Payung Teduh. Kedua lagu ini telah ditonton puluhan juta kali dan berhasil merebut hati para netizen.

Namun cover Akad miliknya sekaligus mengundang kontroversi. Hal ini karena Payung Teduh memberikan regulasi untuk mereka yang mengcover dan memonetize videonya. 

Viewers Hanin Dhiya melampaui perolehan video klip Akad yang telah direvisi, dan diunggah beberapa saat setelah video Hanin viral. Penyanyi yang masih berusia 16 tahun ini pun banyak mendapat bully-an dari netter.

Klarifikasi dan Minta Maaf

Hanin Dhiya memberikan klarifikasi mengenai cover lagunya yang ia unggah pada Agustus lalu. Di situ ia mendapat komentar negatif karena dianggap mengcover dan mengubah beberapa lirik lagu tersebut tanpa izin.

Lewat akun All About Hanin, ia meminta maaf atas hal-hal yang kurang berkenan bagi netizen maupun Payung Teduh. 

"Jadi Hanin mau minta maaf kepada ntzen kalau caption dan komentar kemarin kurang berkenan. Hanin juga berterima kasih banget buat Haninours yang mensupport Hanin dan netizen yang memberikan kritik dan masukan kepada hanin kemarin, semoga menjadi pembelajaran buat hanin juga kedepannya. Harusnya Hanin bisa lebih menahan diri dalam menghadapi persoalan semacam ini."

Terkait izin lagu, memang Hanin mengakui belum ada izin secara tertulis untuk itu. Namun ada upaya yang ia lakukan untuk menyampaikan perizinan secara lisan.

"Trus mengenai izin untuk mengcover lagu Akad terus terang Hanin dan tim belum prnah minta izin secara resmi, tapi pernah menyampaikan secara lisan. Manager Hanin menyampaikan izin cover lagu akad kepada orang yang dia kenal," lanjut pelantun Kau Yang Sembunyi tersebut.

"Mengenai lirik lagu yang Hanin ubah sedikit, jujur hanin nggak ada sama sekkali niatan dan maksud untuk merubah atau merusak makna lagu tersebut, atau bahkan lebih ekstremnya mengaku bahwa lagu tersebut adalah milik hanin. Jadi emang nggak ada niat sama sekali ke situ, dan di sini hanin hanya merubah bagian tersebut disesuaikan dengan gender dan usia hanin saat ini," pungkas Hanin Dhiya.

Tanggapan Netizen

Setelah menyaksikan video klarifikasi Hanin Dhiya tersebut, rupanya banyak netter yang merasa empati. Mereka merasa Hanin sudah melakukan hal yang benar.

Selain itu banyak netter lainnya yang justru memberikan dukungan untuk Hanin agar terus berkarya. Beberapa argumen positif datang menghiasi kolom komentar, termasuk Anji yang menuiskan singkat, "Maju terus ya, De," kata Anji.

Hanin Dhiya minta maaf soal cover lagu Akad (Deki Prayoga/Bintang.com)

"Yup semoga masalah ini bisa dijadikan pembelajaran buat kita semua, baik buat Hanin, Haninours, maupun pihak manapun yg merasa terlibat dalam masalah ini. intinya jgn sampe hanin jadi down apalagi sampe males bahkan takut buat ngecover lagu lagi. jangan sampe ya nin, kita (haninours) selalu support elu kok 👍😆 semangaaaaatttt hanin," tutur salah satu netizen.

Sementara itu Hanin Dhiya saat ini sudah menelurkan dua single terbarunya, yakni Darling dan Kau Yang Sembunyi. Untuk tahu lebih banyak tentang dua lagu baru dan perjalanan musik Hanin, kamu bisa baca di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading