Sukses

Entertainment

6 Akting Jenius Gary Oldman, Calon Kuat Peraih Oscar 2018

Fimela.com, Jakarta Pemenang piala Oscar 2008 baru akan diumumkan pada 4 Maret  Salah satu kategori paling bergengsi adalah Aktor Utama Terbaik dan ada nama Gary Oldman di dalamnya.  Aktor asal Inggris ini memang paling dijagokan meraih Oscar.  Sebelumnya, ia sudah mendapatkan piala di ajang Golden Globe 2018 dan SAG Awards 2018.

Gary Oldman meraih piala sebagai Aktor Utama lewat perannya yang gemilang di film Darkest Hour. Gary sendiri baru pertama kalinya masuk nominasi Oscar setelah 39 tahun berkiprah di dunia akting.  Fakta ini termasuk mengejutkan karena kualitas akting Gary Oldman sudah banyak diakui termasuk yang terbaik.

Gary selalu mampu bertransformasi dengan total dalam tiap peran yang dimainkannya.  Sebelum Darkest Hour, sudah banyak film yang menampilkan kejeniusan akting seorang Gary Oldman.  Berikut ini ada enam film yang memamerkan akting luar biasa Gary Oldman. 

1. Gary Oldman dan The Fifth Element

Bruce Willis memang jadi pemeran utama di The Fifth Element (1997), tapi Gary Oldman berhasil ‘mencuri’ panggung. Peran Gary sebagai Jean-Baptiste Emmanuel Zorg dengan dandanan yang aneh, unik sekaligus nyeleneh mendapat banyak pujian. Wajahnya memang hampir tak dikenali, tapi aktingnya sangat berkesan bagi banyak penonton.

2. Gary Oldman dan Sid and Nancy

Salah satu musisi punk legendaris dan vokalis grup Sex Pistols, Sid Vicious, diperankan dengan sangat pas dan karismatik oleh Gary Oldman. Dari segi cerita, Sid and Nancy (1986) memang tergolong biasa saja, namun dari segi akting Gary tampil luar biasa.

Penampilannya lagi-lagi nyaris tak dikenali, tapi ia begitu menyatu dengan perannya. Banyak yang menilai sangat menikmati film ini karena akting memukau Gary Oldman.

3. True Romance dan Gary Oldman

Melalui True Romance (1993), Gary Oldman kembali membuktikan kalau seorang aktor bisa begitu menonjol dan memorable meski bukan seorang pemeran utama. Hanya tampil beberapa menit di film True Romance yang bertabur bintang terkenal dengan tampilan yang kembali sulit dikenali, peran Gary Oldman sebagai Drexl Spivey termasuk yang paling berkesan di era 90-an.

4. Gary Oldman dan Bram Stoker’s Dracula

Kalau pernah mendengar istilah ‘Aktor 1000 Wajah’, maka itu bisa kita saksikan dengan jelas lewat akting Gary Oldman di Bram Stoker’s Dracula. Wajah Gary yang berganti-ganti sebagai Count Dracula seperti menegaskan kalau ia benar-benar melebur dengan perannya.

Akting Gary Odlman yang begitu memukau dan banyak diakui seharusnya masuk nominasi Oscar, seakan membuat permainan Keanu Reeves begitu buruk seperti baru belajar berakting. 

5. Gary Oldman dan Leon: The Professional

Rasanya tak ada karakter antagonis yang begitu memukau dan dinanti kemunculannya seperti Gary Oldman di film Leon: The Professional (1994) kreasi sineas legendaris Prancis, Luc Besson.

Film action ini memang melejitkan nama Natalie Portman dan Jean Reno, tapi penampilan Gary tak kalah gemilang dan selalu mencuri perhatian tiap kali muncul di layar. Berperan sebagai polisi korup Norman Stansfield, banyak yang heran kenapa akting ‘mengerikan’ Gary Oldman tak diganjar nominasi Oscar.

6. JFK dan Gary Oldman

Satu lagi akting jenius dan ikonik Gary Oldman yang luput dari perhatian juri Oscar adalah perannya sebagai Lee Harvey Oswald di film JFK (1991). Bukan hanya secara fisik mirip dengan sang pembunuh mantan Presiden AS John F Kennedy di tahun 1963 itu, di film JFK kita seperti melihat sosok Oswald yang asli bukan Gary Oldman.

Kabarnya Gary melakukan riset khusus untuk mengetahui sosok Oswald yang sebenarnya dan menginterpretasikannya lewat gayanya sendiri. Hasilnya, sebuah akting yang sempurna. Kita seperti menyaksikan Gary Oldman berubah menjadi Lee Harvey Oswald yang memerankan dirinya sendiri, bukan sebaliknya. Akting yang nyaris tanpa cela!.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading