Sukses

Entertainment

5 Hal yang Membuat Film Indonesia, Moonrise Over Egypt Wajib Tonton

Fimela.com, Jakarta PT Tiga Visi Selaras (TVS) memproduksi film Moonrise Over Egypt tentang perjuangan Pahlawan Nasional Haji Agus Salim di Mesir pada tahun 1947. Film Indonesia ini akan mengungkap sejarah diplomasi pertama Indonesia yang sangat penting agar kedaulatan kemerdekaan Indonesia diterima di dunia internasional.

Film Moonrise Over Egypt berkisah tentang empat tokoh, yaitu Haji Agus Salim (Wakil Menteri Luar Negeri RI) yang menjadi pemimpin delegasi, Abdurrahman Baswedan (Wakil Menteri Penerangan), Mohammad Rasjidi (Sekjen Departemen Agama), dan Nazir Datuk Sutan Pamuntjak (Pejabat Departemen Luar Negeri).

Keempatnya pada April 1947 dikirim oleh Presiden Soekarno ke Mesir untuk memperoleh pengakuan kedaulatan atas Republik Indonesia dari Mesir dan negara-negara Timur Tengah lainnya. Pengakuan kedaulatan dari negara-negara asing sangat penting bagi Republik Indonesia yang baru memproklamirkan kemerdekaannya pada tahun 1945.

 

Karena hal tersebut menjadi syarat berdirinya suatu negara, disamping memiliki pemimpin, rakyat, dan wilayah. “Karena itulah film ini sangat layak untuk diketahui masyarakat,” tegasnya.

Pada tanggal 1 Juni 1947, Perdana Menteri Mahmoud Fahmi Nokrasyi mengeluarkan keputusan Pemerintah Mesir atas kemerdekaan Republik Indonesia, dan kemudian pada 10 Juni 1947 perjanjian persahabatan kedua negara ditandatangani oleh Wamenlu RI Haji Agus Salim dan Perdana Menteri Mahmoud Fahmi Nokrasyi.

Dengan demikian, Mesir menjadi negara pertama yang secara resmi mengakui kemerdekaan dan menandatangani perjanjian persahabatan dengan Indonesia. Berikut 5 hal yang membuat film Moonrise Over Egypt wajib kamu tonton.

 

1. Patriotisme

“Kita di sini tidak bicara biopik murni tentang Haji Agus Salim, tapi kejadiannya pada tahun 1947 tentang diplomasi pertama Indonesia yang sangat penting agar kedaulatan kemerdekaan Indonesia diterima di dunia internasional,“ kata produser Amir Sambodo.

 

2. Syuting di Mesir

Film arahan sutradara Pandu Adiputra dan dibintangi antara lain Prit Timothy, Mark Sungkar, Ganda, Vikri Rasta, Ina Mariska, Reza Smash, Satria Mulia dan Bhisma Wijaya ini syuting di Mesir dan Indonesia. Berkat bantuan Helmy Fauzy, Duta Besar Mesir, film ini dapat mengambil lokasi dengan background asli piramid.

"Saat saya di meja editing, sempat preview gambar piramid dipikir pakai CGI. Karena syuting di daerah sana terlarang dan izinnya susah. Alhamdulillah kita 10 hari di Mesir bisa menampilkan banyak hal tentang Mesir di film ini," ujar Sutradara Pandu Adiputra.

3. Alur Tak Membosankan

Meskipun film ini menceritakan tentang sejarah, tapi film ini tak membosankan. Film ini akan menyampaikan sejarah dengan cara sederhana yang mudah dicerna oleh seluruh kalangan.

Pendekatan visual yang digunakan lebih ke naratif. “Pilihan adegan yang kami gunakan cukup sederhana agar penonton dapat menangkap pesan yang kita sampaikan,“ terang Amir Sambodo.

 

 

4. Mengenal Pahlawan

Tidak semua orang mengetahui kisah heroik perjuangan diplomasi Pahlawan Nasional, K.H. Agus Salim di Mesir. Ini adalah diplomasi pertama yang menghasilkan pengakuan luar negeri pertama untuk kemerdekaan RI.

Bagaimana kecerdasan Agus Salim yang menguasai banyak bahasa, juga diplomasi humor cerdasnya akan dirangkum daam film ini. Ini bisa jadi kesempatan untuk berbagi ilmu tentang sejarah dan mengesankan orang dengan pengetahuan kita tentang film ini.

 

5. Lahirnya Bintang Baru

Moonrise Over Egypt dibintangi oleh bintang-bintang muda yang berbakat. Pemeran Agus Salim adalah sutradara dubber yang juga pelakon teater, Pritt Timothy. Sementara aktor muda lainnya yang melengkapi aktignya adalah Satri Mulia, Reza Anugrah, dan Vickry Rahmat.

Meskipun bintang muda, bukan menutup kemungkinan di masa depan mereka akan menjadi pemain film Indonesia yang bisa dibanggakan. Penasaran dengan film Moonrise Over Egypt? Saksikan di bioskop mulai 22 Maret 2018.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading