Sukses

Entertainment

Kartika Putri Kecewa, Humas Bandara Soetta: Cadar Wajib Dibuka

Fimela.com, Jakarta Kartika Putri merasa diintimidasi pihak bandara karena kala itu dirinya menggunakan niqab atau cadar. Rasa kekecewaan itu pun ia tuliskan di akun instagram miliknya pada Selasa (13/3/2018).

Dalam foto yang diunggahnya, Kartika Putri tampil berbeda dengan biasanya. Saat itu ia menggunakan cadar berwarna abu. Wanita 27 tahun itu pun menceritakan bahwa ia baru saja mendapatkan kejadian tak enak dari pihak bandara.

 

Perlakuan tidak enaknya adalah saat barang miliknya diperiksa (melalui x-ray). Kartika Putri menduga hal tersebut dilakukan pihak bandara dikarenakan dirinya yang kala itu menggunakan niqab (cadar).

 

"Lalu saya bertanya kenapa random cuma saya padahal koper saya kosong. Saya bilang apa karena saya pakai cadar (masih tenang)dan mereka cuma bilang random saja. Dan saya buka tetapi pandangan mereka sangat tidak enak," tulis Kartika Putri.

Saat dikonfirmasi lewat pesan singkat dengan Bintang.com, pada Kamis (15/3/2018), Plt Kabag Kerjasama Humas Bandara Soekarno Hatta, Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementeran Perhubungan, Mia Ermaya menuturkan bahwa memang harus ada pemeriksaan setiap penumpang untuk masuk bandara. Tak hanya itu, petugas bandara pun memang diwajibkan untuk melakukan hal tersebut pada setiap penumpang.

"Setiap penumpang, personil pesawat udara dan orang perseorang serta barang bawaan yang memasuki daerah keamanan terbatas harus mempunyai ijin masuk yang berlaku dan harus dilakukan pemeriksaan keamanan. Personel keamanan bandar udara juga harus memastikan penumpang, personil pesawat udara dan barang bawaan serta orang perseorangan yang memasuki daerah keamanan terbatas dan ruang tunggu tidak membawa barang dilarang (prohibited items) yang dapat digunakan untuk melakukan tindakan melawan hukum." tulisnya.

Dirinya juga menjelaskan, jika memang ada salah satu penumpang yang menggunakan cadar. Maka cadarnya harus dilepas sementara untuk pemeriksaan dan sudah diberikan tempat khusus.

"Demi keamanan penerbangan pemeriksaan ini juga dilakukan untuk memastikan penumpang sesuai dengan identitas yang sah (positive id). Di ketentuan pemeriksaan penumpang disediakan ruang khusus untuk pemeriksaan keamanan khusus misalnya untuk penumpang bercadar," ujarnya.

"Di Terminal 3 misalnya sekarang sudah menggunakan Body scanner dengan line khusus wanita untuk meminimalisir pemeriksaan dengan mewajibkan membuka cadar," tambahnya.

Usai kejadian tersebut dan sudah banyak konfirmasi dari pihak manapun, kini Kartika Putri belum muncul lagi membahas kasusnyaa.[]

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading