Sukses

Entertainment

Sutradara Legendaris Hollywood, Michael Anderson Meninggal pada Usia 98 Tahun

Fimela.com, Jakarta Kabar duka datang dari dunia Hollywood. Salah satu sutradara legendaris, Michael Anderson, diketahui meninggal dunia pada Rabu (25/4) pekan lalu di kediamannya di Kanada karena penyakit jantung yang dideritanya.

Sineas yang dikenal lewat karyanya di era Perang Dunia II ini menghembuskan nafas terakhirnya dalam usia 98 tahun. Hampir sepekan setelah kepergian Michael, pihak keluarga memang baru merilis kabar duka ini ke publik pada Minggu (29/4) kemarin.

Sekedar menilik kisah, sebelum dikenal sebagai sutradara handal, Michael Anderson merupakan seorang tentara yang berjuang di medan perang. Ia mengawali debut balik layarnya pada 1949 silam dengan menyutradarai Private Angelo bersama Peter Ustinov.

Lantas, pada 1955, Michael memproduksi film The Dam Busters. Bercerita tentang seorang pengebom di jantung industri Jerman, film ini sukses mencuri perhatian dan paling disukai di Inggris pada masanya. Bahkan, klimaks dalam film tersebut mengilhami Death Star dalam film Star Wars pertama.

Kesuksesannya di penjuru negeri membuat The Dam Busters ditayangkan di Royal Albert Hall, London dan 400 layar bioskop di Amerika Serikat. Kesuksesan demi kesuksesan tersebut pun membuat film besutan Michael Anderson itu meraih lima piala penghargaan di ajang Academy Awards 1957, termasuk film terbaik.

Karya Michael Anderson

Setelah The Dam Busters, Michael Anderson terus menorehkan karya terbaiknya di layar lebar. Beberapa karya Michael yang legendaris seperti Around the World in 80 Days (1956), Logan's Run (1976), Murder by Phone (1982), dan masih banyak lainnya.

Kehidupan pribadi

Michael Anderson diketahui menikah tiga kali dalam hidupnya. Pernikahan pertama bersama Betty Jordan saat usianya masih 19 tahun. Rumah tangga pasangan yang telah dikaruniai lima anak ini ternyata hingga maut memisahkan, Betty meninggal pada 2008 lalu sementara Michael 10 tahun setelahnya.

Selain Betty, Michael Anderson juga menikah dengan Vera Carlisle dan telah dikaruniai seorang anak. Untuk pernikahan ketiganya bersama Adrienne Ellis, Michael tak dikaruniai anak, hanya dua anak tiri dari pernikahan Ellis sebelumnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading