Sukses

Entertainment

Furniture Indonesia + Gaya Moderen

Sejak kapan Box Living mulai memproduksi berbagai produk furniture?

Pada tahun 1998 saat saya dan Pak Marcel (pendiri Box Living) datang ke Indonesia, di sini belum ada produk furniture yang didesain langsung oleh orang Indonesia. Saat itu kami hanya mengerjakan dari proyek ke proyek. Saat krisis mematikan semua produk lokal Indonesia, kami mendapatkan kesempatan baik untuk menghidupkan bisnis ini dengan mengekspor berbagai produk Box Living ke mancanegara. Dan itu masih berlangsung sampai saat ini.

Dulu produk kami sempat mati di pasar lokal karena memang nggak bisa dipungkiri produk kami dijual dengan harga di atas rata-rata. Karena memang kami banyak menggunakan bahan-bahan tradisional dan pengerjaannya pun masih banyak menggunakan cara-cara tradisional. Namun, sekarang saat Indonesia sudah lebih mengenal dunia dan menghargai para desainer lokal, produk kami pun mulai mendapatkan tempat di pasar Indonesia.

Box LivingSeperti apakah konsep yang diterapkan Box Living pada produk-produknya?

Produk-produk Box Living lebih mengarah pada desain-desain resort yang casual, simple, dan relax. Walaupun produk Box Living didesain secara modern, kami tetap nggak meninggalkan ciri khas kerajinan tangan, seperti penerapan anyaman, ukiran, dan penggunaan bahan kulit yang sangat justru sangat dicari oleh para konsumen Box Living. Bahkan, untuk pengerjaan produk pun kami masih menggunakan jasa para pengrajin dan pabrik-pabrik Indonesia.

Produk Box Living identik dengan Indonesia, apakah bahan-bahan yang digunakan juga berasal dari Indonesia?

Sekitar 80% produk yang kami gunakan berasal dari Indonesia. Kami menggunakan bahan-bahan dari luar jika memang nggak bisa mendapatkan bahan di Indonesia dan juga jika ada permintaan khusus dari klien. Sebenarnya banyak sekali bahan-bahan di Indonesia yang bisa diproduksi menjadi barang-barang cantik, tapi memang biaya produksinya masih mahal, misalnya saja penggunaan mutiara, kulit, dan tanduk hewan. Dan karena itu juga harga yang dibanderol pada produk kami pun cukup tinggi dibandingkan dengan produk-produk furniture sekelas.

Box LivingSeberapa seringkah Box Living mengeluarkan produk baru?

Setiap tahun kami biasanya mengeluarkan produk baru. Biasanya memang kami mengeluarkan produk baru per tahun. Untuk mengeluarkan sebuah produk baru kami pastinya harus melakukan berbagai penelitian terlebih dahulu karena itu saat ini rasanya belum mungkin untuk Box Living mengeluarkan produk secara seasonal.

Dalam menciptakan sebuah produk, berbagai faktor bisa menginspirasi kami, misalnya seni, fashion, dan sejarah. Misalnya, kami melihat furniture Eropa pada zaman kerajaan yang masih layak untuk diangkat kembali. Intinya kami tetap menciptakan produk-produk terbaru tapi tanpa meninggalkan masa lalu.

Setiap tahun wajib hukumnya buat kami untuk mengeluarkan produk baru karena Box Living juga kan bermain dalam dunia internasional. Kalau kami nggak mengeluarkan desain-desain fresh setiap tahun, pasti Box Living akan tergerus oleh produsen-produsen furniture lain. Karena kami bersaing di pasar internasional dan bertemu dengan berbagai produsen dari negara-negara lain yang pastinya berkualitas tinggi. Pada intinya, yang utama adalah menarik perhatian calon pembeli dengan desain kami yang fresh.

Box Living dikenal dengan ciri ke-Indonesiaannya. Apakah selama perjalanannya Box Living pernah mengikuti selera pasar tanpa memedulikan prinsip utama Box Living dalam pembuatan produk furniture-nya?

Mau nggak mau akhirnya kami akan mengikuti selera pasar. Tapi, saat pasar sudah memberikan kepercayaan pada kami, kami pun bisa memasukkan “idealisme” kami pada pasar. Tapi, sekali lagi, walaupun mengikuti selera pasar, kami tetap nggak meninggalkan ukiran, anyaman, dan penggunaan berbagai bahan tradisional untuk produk Box Living yang menjadi ciri kami.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading