Sukses

Entertainment

K-Pop, Serbuan Genre Korean Pop

Next

Korean Pop

K-Pop adalah kependekan dari Korean Pop yang mewakili sebuah genre baru di dunia musik internasional. Berasal dari Korea Selatan yang lebih terbuka dengan dunia luar, para musisi maupun produser musiknya sangat terbuka dengan pengaruh musik dari dunia barat. Hingga akhirnya terbentuklah genre baru yang menggabungkan musik pop lokal dengan sentuhan electronik, hip hop, R&B, rap, pop, dan rock.

It all started in 1990's. Di awal tahun 1990-an industri musik pop Korea Selatan mulai naik daun dan para produser musik mulai memproduksi artis pop baru lebih banyak lagi. Untuk menjual artis mereka, para produser ini mengemas artis pop mereka dengan packaging yang sangat komplit. Penampilan mereka mulai dari tata rambut, fashion style hingga bentuk tubuh disiapkan dengan bantuan tangan-tangan ahli dibidangnya. Kualitas suara dan kemampuan dance mereka juga diasah dengan kursus dan latihan yang tidak sebentar. Belum lagi penggarapan video klip maupun penampilan panggung yang spektakuler layaknya artis internasional. Warna musik yang sangat internasional dengan packaging yang super keren tentu saja menjadi daya tarik utama para artis pop Korea Selatan ini. And K-Pop was born!

Teknologi yang semakin canggih membuat K-Pop lebih mudah dikenal hingga ke negara tetangga bahkan mancanegara. Mulai awal tahun 2000an, melalui Internet, video klip mereka bisa dilihat oleh dunia internasional hingga akhirnya menumbuhkan komunitas penggemar K-Pop di mana-mana. Dan kini K-Pop sudah sangat digemari di Asia termasuk Indonesia. Mereka juga mulai disukai di Canada, Australia hingga Amerika.

 

Next

Korean Pop

 

Sebut saja 2 PM, Miss A, 2NE1, SuJu (Super Junior), G-Dragon, T-ara, Hyuna, SHInee, dan masih banyak lagi. Mereka adalah sebagian dari artis K-Pop yang merajai chart lagu lokal, regional dan Asia. Mereka berhasil menembus pasar musik Jepang yang terkenal memiliki standarisasi cukup tinggi di Asia. Para artis K-Pop ini berhasil menjual ratusan ribu keping CD saat meluncurkan album terbaru mereka di Jepang saja. Dan kepopuleran mereka ini terus merebak di Asia hingga ke Indonesia. Selain melalui drama Korea dan video klip, sejak pertengahan tahun 2000an, artis K-Pop mulai datang ke Indonesia. Komunitas penggemar K-Pop pun mulai tumbuh di kota-kota besar di Indonesia. Tujuan utama mereka: meyakinkan para produser musik untuk mendatangkan lebih banyak artis K-Pop untuk datang ke Indonesia. Keinginan para fans K-Pop ini pun terkabul! Sejak akhir tahun 2000an semakin banyak artis K-Pop yang datang ke Indonesia. Sebut saja Rain, BoA, U-KISS, Wonder Girls, dan 2PM yang pernah mengadakan fan meeting, showcase atau konser di sini.

Demam K-Pop di Indonesia akhirnya mempengaruhi dunia musik lokal. Artis baru yang terinsipasi oleh K-Pop pun mulai bermunculan. Mulai dari grup Sm*sh, 7 Icons, Cherrybelle, Kilau, Super 9 Boyz, NSG STAR, MAX 5, Treeji, dan masih banyak lagi menghiasi panggung musik Indonesia menggeser artis pop melayu yang hits di pertengahan tahun 2000-an. Para artis baru ini tampil dengan kualitas vokal dan dance yang terlatih cukup baik hingga penampilan mereka tidak kalah keren dengan artis K-Pop. Penggemar mereka sangat banyak hingga tiap kali mereka tampil, hampir pasti venue dipenuhi oleh lautan anak-anak muda. It’s very good for Indonesian music Industry. Genre baru ini menambah pilihan musik bagi masyarakat penikmat musik Indonesia.

Bersamaan dengan berkembangnya popularitas K-Pop di Asia, perlahan tapi pasti, K-Pop mulai menembus international music charts. Kim Boom So berhasil menduduki Billboard Hot 100 dengan lagunya "Hello Goodbye Hello" di tahun 2001. Ia adalah artis Korea pertama yang berhasil meraih prestasi tersebut. Di tahun 2002, penyanyi solo Taeyang dan grup 2NE1 masuk daftar iTunes’ Top R&B-Soul dan Billboard World Album di Amerika. Dan di tahun 2011, grup Big Bang dengan albumnya "Tonight" menjadi album K-Pop pertama yang menembus daftar Top 10 US iTunes dan menjadi satu-satunya album dengan bahasa asing (selain bahasa Inggris) dalam daftar Top 100 US iTunes.

Penampilan artis K-Pop yang total ini menjadi kunci utama kesuksesan mereka hingga mendunia. Bahasa, tampilan dan budaya lokal yang tetap terbawa meski dibalut kental dengan pengaruh musik barat, membuat K-Pop memiliki ciri khasnya sendiri. Dan kemampuan mereka pun diakui oleh penikmat musik dunia. Beberapa artis internasional bahkan tak ragu lagi untuk mengajak para artis K-Pop ini berkolaborasi. Grup Wonder Girls menjadi penampil pembuka bagi The Jonas Brothers pada tur mereka di Tacoma City Amerika tahun 2009. Trio JYJ bekerja sama dengan Kanye West dan produser Rodney Jerkins untuk album Amerika mereka yang pertama. Dan 2NE1 berhasil menarik perhatian will.i.am hingga ia tertarik untuk memproduseri lagu bagi mereka di antara kesibukannya bersama The Black Eyed Peas. The list is going on and on. No wonder they are such a phenomenon!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading