Sukses

Entertainment

”Top Gun”, Film Era 80-an Yang Tetap Berpengaruh Hingga Sekarang

Top Gun movie

Rumah gaya panggung dari kayu yang menjadi bungalow untuk karakter Charlie Blackwood (Kelly McGillis), instruktur sekolah pilot yang menjadi pemeran utama wanita film ini, dan lokasi untuk banyak adegan romantis Charlie dengan Maverick Mitchell (Tom Cruise) tersebut, dianggap sebagai salah satu landmark yang berharga untuk California Selatan. Apalagi, selama masa syuting, McGillis memang benar-benar tinggal di rumah itu.
 
Itu sebabnya, komunitas One Southern California adalah pihak yang berinisiatif untuk mempertahankan rumah pantai yang sudah ada sejak 1888 tersebut dan melancarkan rencana renovasi. Namun, semangat untuk mempertahankan rumah itu, bukan hanya atas berdasar agar nggak kehilangan sesuatu dari sebuah film Blockbuster tersebut, namun ternyata rumah itu sebenarnya sudah menjadi sebuah bangunan bersejarah. Dibangun pada tahun 1887 oleh Dr. Henry Graves, seorang pensiunan dokter asal Riverside, bangunan itu telah menjadi rumah pantai tertua di kawasan San Diego. Kristi Hawthorne selaku pihak dari Oceanside Historical Society, mengatakan bahwa rumah tersebut awalnya adalah sebuah rumah sewaan yang dipasarkan oleh Oceanside real estate selama berpuluh-puluh tahun, hingga pada tahun 2005 pihak kota Oceanside, California, mengambil alih kepemilikan rumah itu dan resmi menjadikannya sebagai properti sejarah.
 
Kini, rumah pantai itu terletak di kawasan beach resort eksklusif yang bernilai USD209 juta  dan menjadi satu dari empat rumah bersejarah yang disetujui untuk dipertahankan oleh Oceanside City Council dan akan segera direnovasi. Namun, rencana tersebut belum mendapatkan tanggal tetap kapan akan dimulai direnovasi, akibat masalah resesi dan keuangan. Itulah sebabnya, rumah ini sekarang berdiri seorang diri di pinggir jalan North Pacific dan Seagaze Drive, menunggu kelanjutan nasibnya akan mau diapakan –apa akan hanya menjadi rumah kosong atau digunakan sebagai tempat usaha- sambil terus dijaga agar nggak dirusak oleh tangan jahil.

Top Gun movie
 
“Eventually the house will be restored and moved 2 blocks north on North Pacific and incorporated into the resort and used as perhaps a coffee house or gift shop,” papar Hawthorne tentang rencana pemerintah kota untuk rumah tersebut.

Hingga kini, rumah itu menjadi obyek wisata bagi para turis yang berkunjung ke Oceanside, entah untuk sekadar mampir dan melihat-lihat atau sekalian berfoto. Bahkan, pada perayaan akhir pekan Memorial Day, pemerintah kota Oceanside memperingatinya dengan menggunakan tema “Top Gun”, dengan menggelar acara nonton “Top Gun” bersama, fighter jets, pertandingan voli pantai, dan pastinya memutarkan lagu memorable dari film ini, yaitu “You’ve Lost That Loving Feeling” yang dinyanyikan oleh Righteous Brothers, dimana dalam filmnya Cruise menyanyikan lagu tersebut untuk merayu McGillis di dalam bar. It’s not only about movie for “Top Gun”.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading