Sukses

Entertainment

Mitos di Facebook yang Nggak Harus Kamu Percaya

Facebook

Mitos: facebook nggak akan lagi bisa dipakai gratis

Fakta: Mitos ini sebenarnya sudah beredar sejak lama, dengan berbagai macam cara disebarnya hoax bahwa facebook nggak akan lagi menjadi social site yang bisa dengan cuma-cuma dipakai. Tapi, mitos ini dengan tegas dibantah oleh Zuckerberg sebagai kreator, yang mengatakan bahwa facebook nggak akan pernah mengubah tatanan mereka dengan menarik bayaran dari para penggunanya, karena semua facebooker bukanlah pelanggan, tapi justru yang membuat facebook ini berhasil.

Dan lagi, facebook bisa menjadi sebesar dan semenguntungkan sekarang, karena mampu menarik banyak pengiklan yang berlomba-lomba menjual produk mereka kepada facebooker. Kalau benar keadaannya facebook akan berbayar, tentu akan sangat menurunkan jumlah user, yang pastinya akan langsung merugikan facebook sebagai situs pertemanan berselubung bisnis.

Mitos: facebook bisa memonitor aktivitas user walaupun tidak log in

Fakta: Mitos ini nggak secara langsung ada sejak perubahan besar yang dibuat oleh facebook, karena sebelumnya pun sistem ini sudah berjalan walaupun belum sempurna sempurna. Dan sebenarnya, untuk ukuran sebuah situs sharing semacam Facebook, fitur ini lazim sifatnya. Seorang blogger asal Australia baru-baru ini membeberkan fakta bahwa memang benar adanya Facebook sudah mampu mengetahui informasi penggunanya walaupun yang berkaitan sedang nggak dalam keadaan log in di facebook.

Pihak facebook sendiri mengakui bahwa mereka mampu melakukan ini karena menggunakan cookies, text file yang diatur oleh web page server yang merekam kemana saja kita pernah menjelajah dunia maya, saat kita login ke facebook, kemudian mentransmisikan data dari cookies situs lain. Maksud dari kemampuan “melacak” ini adalah agar sistem facebook bisa mencegah setiap penggunanya dari praktek phishing dan spam. Diyakinkan oleh Arturo Bejar selaku bidang teknis situs ini, mereka nggak akan menggunakan sistem ini untuk kepentingan iklan atau hal buruk lainnya, karena pada akhirnya pihak facebook akan langsung menghapus semua data tersebut sebelum disalahgunakan oleh pihak yang nggak bertanggung jawab.

Mitos: Foto dan semua info pribadi akan dipublikasikan oleh facebook, entah kita mau atau tidak

Fakta: Coba perhatikan facebook sekarang, di sisi kanan atasnya akan memperlihatkan posting status atau foto, baik lama maupun baru, milik kita atau teman kita, padahal pengaturan semacam itu nggak pernah kita buat. Ya, ini memang bukan personal setting, karena modifikasi terbaru facebook memang ingin memperlihatkan timeline user-nya sepanjang pengguna tersebut aktif di facebook.

Kenapa hal ini bisa mengganggu? Karena ternyata, walaupun sebagian besar foto di facebook di-upload atas kesadaran sendiri, namun banyak juga yang akan panik kalau foto-foto lamanya terlihat lagi oleh orang lain. Bisa jadi, foto saat masih zaman SMA atau potret masa kecil yang belum tentu dalam kondisi bagus, akan terpampang lagi dan menarik perhatian teman-temanmu untuk melihat lagi.

Namun, situasi ini bisa dikendalikan, kok, karena kamu bisa menentukan foto-foto mana saja yang boleh beredar di timeline. Caranya adalah dengan kembali melihat foto-foto apa saja yang sudah pernah di-upload atau men-tag dirimu, menghapusnya bila itu nggak berkenan, atau me-resize foto tersebut, sehingga kamu bisa menentukan ingin memperlihatkan sisi foto yang mana (mungkin saja orang yang berfoto di sebelahmu dulu sekarang adalah musuh bebuyutan?).

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading