Sukses

Entertainment

Jakarta International Community Choir: Pentas Broadway Ala Penduduk Jakarta

Next

Menyambangi tempat latihan Jakarta International Community Choir (JICC) di daerah Jakarta Selatan, beruntung FIMELA.com bisa mengintip para anggota JICC sedang melakukan latihan rutin. Memasuki ruang latihan, kursi berjejer membentuk lingkarang dengan satu orang perempuan tegak berdiri di depan memberi aba-aba.

JICC"Everybody can sing, everybody can sing their heart out, dan saya ingin JICC menjadi suatu wadah untuk semua orang bisa mengekspresikan diri."Adalah Ivonne Atmojo, perempuan asal Surabaya yang bertindak sebagai music conductor JICC sejak kali pertama komunitas ini didirikan. JICC berdiri pada pertengahan November tahun 2006 atas ide Dorothy Poon seorang perempuan berkebangsaan Hongkong sebagai wadah untuk seluruh penduduk Jakarta baik lokal maupun ekspatriat  yang  memiliki hobby menyanyi. Bersama Ivonne, akhirnya mereka mendirikan JICC. Dan yang paling penting, komunitas ini nggak mengadakan audisi untuk semua calon anggota yang ingin bergabung.

“Saya ingin menggandeng sebanyak mungkin masyarakat Jakarta agar mau bermusik. Jadilah saya mulai mengkonsepkan sebuah choir yang nonaudisi, yang bisa diikuti oleh semua orang. Pesan yang saya ingin sampaikan adalah no matter how old or how young you are, no matter where you are in live, if you get in touch with some sort of music activities, your life will be changed for the better, and you will be a happier and a more confident person in general. Everybody can sing, everybody can sing their heart out, dan saya ingin JICC menjadi suatu wadah untuk semua orang bisa mengekspresikan diri,” ujar Ivonne pada FIMELA.com

Next

Komunitas ini memiliki jadwal latihan rutin setiap hari Senin, mulai pukul 19.30—21.00. Dan seperti yang sudah digambarkan Ivonne bahwa komunitas ini terdiri atas beragam pribadi, mulai dari masyarakat lokal hingga ekspatriat yang berasal dari beragam negara. Malam itu, FIMELA.com sempat berbincang-bincang dengan Lena, anggota JICC yang berasal dari Prancis dan sudah menjadi anggota JICC sejak awal komunitas ini berdiri.

JICC“Selain di JICC, saya juga bergabung dengan paduan suara dengan paduan suara sekolah Prancis. Yang membedakan JICC dengan paduan suara yang saya ikuti adalah spirit JICC yang sangat jelas terlihat. JICC komunitas yang memang dikhususkan untuk mencari kesenangan untuk para anggotanya,” ujar Lena saat ditemui oleh FIMELA.com di tengah-tengah latihan.

Awalnya JICC hanya merupakan bentuk paduan suara, namun seiring berjalannya waktu, JICC pun berkembang menjadi pertunjukkan pentas broadway, musikal.

Awalnya JICC hanya merupakan bentuk paduan suara, namun seiring berjalannya waktu, JICC pun berkembang menjadi pertunjukkan pentas broadway.“Kebanyakan anak-anak JICC adalah orang yang bekerja dari Senin hingga Jumat dan duduk di depan komputer mulai pukul 9 hingga 5 setiap hari. Apa yang hilang dari kita selama itu? Gerak! Kita perlu bergerak dan menari untuk melepaskan stres dan jenuh. Menyanyi dan menari bersamaan bukan hal yang mudah, tapi saya yakin ‘Jika kita bisa berbicara, bernyanyi, berjalan, dan menari’. Saya selalu menekankan anak-anak saya untuk selalu mencoba hal-hal baru,” ujar Ivonne.

Jangan khawatir kalau memang kamu nggak mumpuni untuk menari dan bernyanyi sekaligus. Di komunitas ini juga akan ada pembagian kelompok untuk tim menari dan tim bernyanyi. Ingin bergabung dan penasaran dengan JICC? Kamu bisa datang terlebih dahulu untuk melihat mereka berlatih. Tahun depan, rencananya komunitas ini akan mengadakan pertunjukkan besar yang sudah mulai mereka persiapkan mulai saat sekarang. Masih penasaran juga dengan komunitas ini? Kamu bisa kunjungi www.jicc-choir.com.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading