Sukses

Entertainment

Becky Tumewu: "Verbal Bullying Bukan untuk Orang Cerdas"

Becky Tumewu

Kecerdasan sangat ditentukan dari cara kita berbicara. Beberapa orang asal berbicara saja tanpa peduli apa perkataan itu berefek apa ke orang lain, tapi ada juga yang memikirkan apakah pesan yang ingin mereka sampaikan lewat kata-kata bisa sampai dengan baik. Saya merasakan sendiri bagaimana ada beberapa orang yang melakukan pendekatan kepada saya, tapi belum apa-apa sudah membuat jengkel. Pemilihan kata dan cara menyampaikannya menurut saya nggak bisa diterima. Jujur, saya adalah tipe orang yang bisa terpengaruh dengan perkataan orang lain. It can make my day or ruin it.

Padahal, berbicara sendiri adalah alat penyambung komunikasi, sehingga bagaimana cara kita berbicara bisa mengubah keadaan. Sebagai contoh yang kecil saja, saya bisa membuat suasana di sebuah ruangan menjadi lebih enak atau tidak, tergantung dari bagaimana saya berbicara. Kalau perkataan yang dikeluarkan sudah bernada cari masalah, sia-sia saja saya mengeluarkan kata-kata dari mulut ini. Makanya menurut saya, saya juga nggak boleh berpangku tangan begitu saja menunggu perkataan baik dari orang lain, karena itu sebenarnya seperti lingkaran yang terus berputar. Kalau saya ingin diperlakukan dengan baik, maka saya harus memulainya duluan. Tidak perlu berkoar-koar di media publik, cukup dimulai dari orang terdekat yang kita temui dan hal-hal sederhana di kehidupan sehari-hari.

Dimulai dari berkata baik dengan penjaga pintu apartemen yang membukakan pintu untuk saya atau karyawan di tempat kerja yang saya temui, sesederhana mengucapkan terima kasih atau menyapa mereka dengan ucapan selamat pagi, itu sudah menjadi awal yang baik. Dan saya rasakan, bukan mereka saja yang senang karena diperlakukan dengan baik, tapi saya yang melakukannya juga merasa lebih bahagia. Bayangkan, kalau hal sesederhana seperti itu dilakukan oleh 10 orang lainnya di masing-masing tempat, begitu indahnya kan dunia ini jadinya? Tanpa kita sadari, cara kita berbicara kepada orang lain bisa mempengaruhi banyak hal.

Begitu banyak orang yang gampang berang untuk hal yang sebenarnya bisa diselesaikan dengan baik dan banyak juga orang yang terlalu sibuk dengan diri sendiri dan acuh dengan keadaan sekitar, sehingga nggak lagi memperhatikan cara dan nada mereka berbicara ke orang lain dan akhirnya menyakiti perasaan orang lain. Makanya, Speak4Peace itu penting, karena kita hidup di dunia ini nggak sendirian. Ada orang lain yang sebaiknya kita jaga perasaannya. Stop verbal bullying and let’s make the world become a better place to live in.

Don't miss it! Becky akan menjadi salah satu narasumber yang akan berbagi kisah inspiratif dalam  seminar sehari FIMELA.com: IWOW Conference. Tertarik ikutan? Daftar di sini

Empowered by:

xl

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading