Sukses

Entertainment

Paranormal Activity 4: Film Horor Panjang atau Sengaja Dipanjangkan?

Next

Paranormal Activity 4

Berbeda dari Paranormal Activity (PA) sebelumnya yang berformat prekuel untuk menjelaskan asal muasal rangkaian kejadian misterius di kehidupan Katie (Katie Featherston) dan Kris  (Sprague Grayden), PA 4 sepenuhnya adalah sebuah sekuel yang menjawab tanda tanya kemana perginya Katie yang membawa serta Hunter seperti yang terlihat di akhir film PA 2. Terjadi beberapa kali alur maju mundur di seri ini untuk memberikan detail yang berkaitan dengan alur cerita. Setelah itu, adegan lalu langsung melompat ke rekaman video milik Alex (Kathryn Newton), seorang gadis remaja belasan tahun yang sedang keranjingan merekam segala sesuatu tentang kegiatan dan keluarganya bersama Ben (Matt Shively), teman dekatnya.

Pada beberapa rekaman videonya, mereka kemudian menemukan kejanggalan yang terjadi pada tetangga di seberang rumahnya, dimana salah satu penghuninya adalah Robbie, seorang anak laki-laki yang berusia sepantaran dengan Wyatt, adik Alex. Keanehan dan teror makhluk gaib makin menghampiri kehidupan Alex setelah Robbie diperbolehkan menginap di rumahnya karena ibu Robbie masuk rumah sakit secara misterius dan tidak ada satu pun keluarga dekat Robbie yang bisa menjaganya. Keanehan yang terjadi seperti adanya teman khayalan, Robbie yang selalu bangun di pagi buta dan seperti berbicara dengan seseorang padahal tidak ada siapapun, sering terdengar suara-suara mencurigakan, barang-barang di rumah yang berpindah bahkan jatuh secara misterius, hingga puncaknya adalah Alex terkepung asap mobil rapat di dalam garasi padahal mobil itu tidak ada kunci namun bisa menyala.

Next

 

Paranormal Activity 4

Ciri khas PA yang minim scoring, efek suara, dan terkesan direkam oleh videografer amatir, tentu saja tetap dipertahankan sebagai  kekuatan film horor satu ini. Pertanyaannya adalah, apakah penonton masih bisa ditakut-takuti dengan perlakuan yang sama seperti itu, setelah sebelumnya sudah disajikan 3 seri film dengan konsep yang sama? Jawabannya, tergantung dari masing-masing penonton. Saat kami menonton film ini semalam, beberapa orang di sebelah kami masih saja terkaget-kaget dengan kejadian tiba-tiba tak terduga di beberapa sequence, namun banyak juga yang menanggapinya dengan tertawa lepas, seolah-olah sudah tak mempan lagi ditakut-takuti.

Terlepas dari pesimisme tentang kualitas PA  4 yang diperkirakan menurun karena terlalu dipanjang-panjangkan, saya sebagai penonton sedikit terpuaskan karena mendapatkan jawaban. Pertanyaan besar yang menggantung selama ini, yaitu bagaimana nasib Katie yang terasuki setan dan membawa pergi Hunter lalu dikabarkan menghilang entah kemana, bisa diketahui di sini. Tonton film ini yang akan mulai tayang minggu ini di jaringan bioskop Nasional. Jadi, sudah siap untuk ditakut-takuti lagi?

What's On Fimela
Loading