Sukses

Entertainment

Mengejutkan, Lance Armstrong Raih 7 Kali Juara Tour de France 'Berkat' Doping!

Next

lance armstrongLelaki kelahiran 1971 ini sudah terjun ke dunia olahraga sejak ia masih berusia 12 tahun. Namun, ketika itu Lance aktif menggeluti olahraga cabang renang. Sebagai pemula, prestasi Lance cukup membanggakan, ia pernah menempati urutan ke-4 turnamen 1.500 m gaya bebas yang diselenggarakan di Texas.

Namun, saat berusia 13 tahun, Lance memutuskan untuk berhenti dari renang dan mulai mencoba Triathlon. Iron Kids Triathlon adalah kejuaraan Triathlon pertama yang ia ikuti dan pada saat yang sama ia berhasil memenangkan turnamen tersebut. Saat memasuki usia 19 tahun, prestasi olahraga Lance sebagai pemain amatir cukup baik dibandingkan dengan para pemain yang tergolong profesional.

Next

 

lance armstrongSejak saat itulah, karir Lance di dunia balap sepeda perlahan menanjak dan secara pasti mengukir prestasi. Adalah Motorola Cycling Team klub pertama tempatnya bergabung ketika Lance memutuskan untuk jadi seorang profesional. Sudah tidak terhitung lagi berapa banyak kejuaraan balap sepeda yang ia ikuti, baik dalam skala nasional maupun internasional. Nama Lance Edward Armstrong pun seolah cukup ditakuti oleh para pembalap sepeda profesional dunia.

Lance menjadi orang Amerika pertama yang menjuarai turnamen Prancis La Flèche Wallonne dan mampu menyelesaikan Tour de France hanya dalam waktu lima hari. Tahun Lance menandatangani kontrak 2 tahun senilai USD2 juta dan bergabung dengan klub French Cofidis Cycling Team.

Next

lance armstrongNamun ternyata, kontrak dibatalkan. Beberapa bulan setelah Lance menandatangani kontrak, dokter mendiagnosa Lance terkena kanker prostat stadium 3. Yang lebih buruk, kanker sudah menyebar ke paru-paru, perut, dan juga otaknya. Lance menghadapi kanker tanpa pekerjaan dan tanpa ada asuransi yang meng-cover. Dokter sudah memvonis Lance tidak akan bisa selamat dari kanker yang menyerangnya.

Ternyata, kehidupan masih berpihak pada Lance. Lance menjalani operasi pengangkatan kanker dan juga kemoterapi. Saat itu dokter mengatakan harapan hidup Lance sebesar 40%. Pengobatan kanker membuatnya tampak kurus, botak, dan sama sekali berbeda dari penampilan biasanya sebagai atlet yang terlihat segar dan berotot.

Next

lance armstrongProses pemulihan Lance terbilang cepat. Pascaperawatan yang ia jalani, Lance masih bisa memenangkan kejuaraan Tour de France dan membangun sebuah yayasan kanker, Lance Armstrong Foundation (LAF). Karir bersepeda Lance kembali melejit, ia seperti menunjukkan kebangkitannya pascakanker kepada dunia. Dan Lance berhasil memenangkan berbagai turnamen dengan cemerlang.

Pada tahun 2011, lelaki asal Texa ini memutuskan berhenti sebagai pembalap profesional seiring dengan berkembangnya penyelidikan United States Anti-Doping Agency (USADA) terhadap dugaan penggunaan doping. Tahun 2012, USADA mengeluarkan pernyataan bahwa Lance telah menggunakan doping sepanjang karirnya sebagai pembalap sepeda profesional. Lance sempat membantah semua tuduhan tersebut, namun dalam sebuah talkshow, Oprah Winfrey Show, Lance pun mengakui semuanya.

Next

Dalam talkshow tersebut, Lance mengaku ia menggunakan obat-obatan untuk mendongkrak stamina, melakukan transfusi darah secara berkala saat turnamen, dan suntik hormone. Bukan hanya itu, Lance pun mengaku bahwa tujuh buah kejuaraan Tour de France yang ia ikuti, semuanya ia selesaikan dalam pengaruh doping yang ia gunakan.

lance armstrongTidak satupun orang yang menyangka bahwa semua karir dan prestasi cemerlang yang telah ia ukir tercapai atas penggunaan doping. Akibat dari perbuatannya, Lance pun terpaksa mengundurkan diri sebagai pimpinan dari yayasan kanker Lance Armstrong Foundation (LAF) karena tidak sedikit orang yang kecewa dengan perbuatan Lance. Belum ada tanggapan langsung dari organisasi sepeda dunia mengenai hukuman yang akan diterima Lance atas doping yang ia gunakan selama berkarir sebagai pembalap. Menurut kabar yang beredar, tujuh buah gelar juara Tour de France yang ia raih akan ditarik kembali dan ia tidak diperkenankan lagi untuk mengikuti kejuaraan olahraga di berbagai bidang. Dan yang pasti, atas kesalahannya menggunakan doping dalam bertanding, Lance banyak kehilangan simpati dari para pendukungnya. Seperti yang ditanyakan Oprah pada Lance, “Benarkah tidak akan ada orang yang sanggup memenangkan tujuh kali kejuaraan Tour de France berturut-turut jika tidak dibantu oleh doping?”

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading