Sukses

Entertainment

Indonesia Menuju Broadway, Memoles Talenta Emas Tanah Air

Fimela.com, Jakarta Selain kekayaan alam, Indonesia juga diberkahi dengan talenta-talenta hebat. Untuk itu Bakti Budaya Djarum Foundation melalui program Ruang Kreatif mempersembahkan “Indonesia Menuju Broadway” yang diperuntukkan bagi para seniman-seniman muda berbakat di Indonesia. Bekerja sama dengan Passport to Broadway, New York, Indonesia Menuju Broadway merupakan sebuah program beasiswa pelatihan bagi seniman muda untuk mendapatkan ilmu panggung dengan standar broadway di Indonesia.

“Untuk pertama kalinya, Bakti Budaya Djarum Foundation bekerja sama dengan Passport to Broadway mengadakan program ruang kreatif Indonesia Menuju Broadway. Setelah sebelumnya program di ruang kreatif ditujukan bagi para komunitas seni dan manajemen produksi seni pertunjukan, kali ini ruang kreatif ditujukan untuk seniman muda Indonesia yang menekuni genre musikal yang banyak diminati pada saat ini.

Program Indonesia Menuju Broadway ini juga memberikan akses dan peluang bagi para aktor dan aktris seni pertunjukan Indonesia agar dapat merasakan pelatihan ala Broadway dan sebagai kesempatan untuk dapat mengikuti audisi di New York, kemudian menjadi salah satu pemeran Broadway dan membawa nama harum Indonesia ke kancah internasional,” tutup Renitasari.

Sebanyak 672 peserta telah mendaftar sejak 10 – 28 Januari 2019, dari jumlah tersebut kemudian terpilih sekitar 243 peserta yang mengikuti proses audisi bersama para juri yang berbakat dan berpengalaman di dunia seni pertunjukan, seperti Ari Tulang, Garin Nugroho, Andrea Miranda, dan Ufa Sofura.

Peserta yang mengikuti audisi sangat beragam, mulai dari pelajar, pekerja seni, lulusan ajang pencarian bakat, penyanyi yang sudah memiliki album, penari, hingga pemain film yang pernah masuk nominasi dan memenangkan Piala Citra. Dari 243 peserta terpilih 66% perempuan dan 34% laki-laki dengan jangkauan usia 10-15 tahun sebanyak 18%, 16-22 tahun 35 % dan 23-32 tahun sebanyak 47%.

Ada 3 tahapan yang harus dilewati oleh para peserta di audisi Indonesia Menuju Broadway, yaitu menari, menyanyi, dan akting. Pada tahap pertama, satu kelompok yang berisi 10-15 peserta akan diajarkan satu tarian yang dikoreografikan oleh Ufa Sofura dan kemudian ditampilkan bersama-sama di hadapan para juri. Tahapan selanjutnya, masing-masing peserta menunjukkan kebolehannya di bidang tarik suara yang diiringi piano dengan pilihan lagu yang telah diberikan, sesuai kategori umur. Tahapan terakhir yang harus dilalui adalah akting, dimana para peserta akan diberikan naskah dan kemudian dipentaskan langsung di hadapan para juri.

“Selama dua hari ini, kami banyak sekali menyaksikan seniman-seniman muda yang memiliki potensi di bidang seni pertunjukan, khususnya musikal teater. Proses seleksi ini menantang para seniman muda Indonesia untuk menampilkan bakat dan memberikan hasil yang terbaik di hadapan para juri. Ke depannya, kami berharap bahwa seniman-seniman muda ini dapat terus mencipta karya dan menjadi inspirasi bagi seniman muda lainnya yang ingin menekuni bidang teater musikal,” ujar Garin Nugroho, salah satu juri audisi Indonesia Menuju Broadway.

Audisi yang dilakukan pada tanggal 3 & 4 Februari 2019 di Balai Resital Kertanegara ini akan memilih 70 orang yang berkesempatan mengikuti program pelatihan bersama pengajar dari StudentsLive – Passport to Broadway pada tanggal 20 – 24 Februari 2019 di Jakarta. 70 orang peserta yang lolos audisi akan diberikan pelatihan menari, bernyanyi, dan akting sesuai kurikulum musikal dan teater broadway. Selama lima hari, para peserta mendapat kesempatan eksklusif untuk bekerja dengan tim broadway, mulai dari sutradara, direktur musik, koreografer, dan tim produksi StudentsLive - Passport to Broadway. 10 orang terpilih akan berkesempatan untuk diberangkatkan ke New York oleh Bakti Budaya Djarum Foundation dan mendapatkan pelatihan lebih lanjut tentang musikal teater khas broadway pada bulan Juli 2019.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading