Sukses

Entertainment

Tayang Saat Ramadan 2019, Film Ambu Perkenalkan Keindahan Baduy

Fimela.com, Jakarta Media film memang menjadi salah satu alternatif untuk memperkenalkan budaya dan keindahan di Indonesia. Yang terbaru, film berjudul Ambu mengangkat adat istiadat serta pemandangan suku Baduy yang terletak di Kabupaten Lebak, Banten, tentunya dikemas dengan cerita yang mengharu biru.

Film produksi Skytree Pictures itu bercerita tentang amarah, kekecewaan, serta cinta seorang ibu bernama Ambu Masnah (Widyawati) terhadap putrinya, Fatma (Laudya Cynthia Bella). Cerita milik penulis skenario Titien Wattimena itu pun lantas diselaraskan oleh produser dan sekaligus sutradara, Farid Dermawan dengan sebuah tradisi yang ada di suku Baduy.

 

"Ide ceritanya udah lama dan belum berhubungan Baduy, dalam arti cuma masih dalam ibu kandung, ibu sebagai rumah, tempat kita dilahirkan, dan orangtua. Saya memasukan unsur aturan Baduy yang ketika warganya pergi meninggalkan kampungnya, itu unsur yang kuat untuk menguatkan cerita," ucap Titien Wattimena saat press screening di Plaza Senayan, Rabu (1/5/2019).

"Memang orang yang sudah keluar dari Baduy tidak bisa masuk lagi. Kalau masuk lagi, harus dihukum dan upacarain 40 hari. Jadi memang adat masih sangat kuat dan harus dihargai," timpal Farid Dermawan.

Tak hanya mengangkat tentang budaya leluhur yang masih dipegang kuat oleh masyarakat Baduy, film Ambu juga meng-capture beberapa keindahan alam yang ada di sekitarnya. Mulai dari air terjun, keindahan hutan, sampai suasana pantai yang ada di Kabupaten Lebak pun turut ditampilkan dalam film yang juga dibintangi oleh Endhita dan Baim Wong tersebut.

 

Mendukung Pariwisata

Sebagai Executive Producer, Iti Octavia Jayabaya yang juga bertindak sebagai Bupati Lebak berharap film Ambu bisa lebih mengenalkan daerah yang ia pimpin ke masyarakat luas. Hal itu pun kemudian bisa ikut meningkatkan sisi pariwisata di wilayah yang masuk dalam provinsi Banten tersebut.

"Baduy ini udah mendunia kan, saya ingin memperkenalkan karena ini salah satu misi saya tentang ikon pariwisata di lebak, salah satunya Baduy. Baduy ini adalah aset negara, kekayaan negara, bukan hanya bagi Lebak dan Indonesia, tapi sudah mendunia. Dia mempertahankan adat dan budaya, dan melestarikan alam tak ada kontaminasi kimia. Masyarakatnya juga sangat humanis, inilah kesederhanaan yang ditunjukkan masyarakat Baduy," kata Iti Octavia Jayabaya.

 

Jadwal Tayang

Film Ambu rencananya akan tayang di bioskop saat bulan Ramadan mulai 16 Mei 2019 mendatang. Film yang disutradarai oleh Farid Dermawan tersebut menceritakan tentang Ambu Misnah (Widyawati) yang ditinggal anak perempuan satu-satunya, Fatma (Laudya Cynthia Bella) pergi dari rumah mereka di Baduy demi cinta. Sampai pada suatu hari, Fatma membawa putrinya, Nona (Lutesha) pulang ke Baduy yang berujung pada penolakan oleh Ambu Masnah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading