Sukses

Entertainment

Andien Lancar Jelaskan Otista, Nama Jalan dari Pahlawan Nasional

Fimela.com, Jakarta Beberapa nama jalan di Ibukota maupun kota-kota di Indonesia banyak yang mengambil nama-nama pahlawan Tanah Air. Tentunya dari segolongan masyarakat ada yang sambil lalu, tidak hafal apalagi mengerti. Namun tidak bagi Andien.

Saat Fimela.com menantang ibu satu anak itu untuk menjawab nama-nama pahlawan yang dijadikan nama jalan di ibukota, Andien pun berhasil menjawab sampai 7 nama pahlawan.

"Banyak banget, Diponegoro, Dewi Sartika, Sudirman, Cut Nyak Dien, Sultan Syahrir, Thamrin, Otista, aduh jadi bingung nih kebanyakan," tutur Andien saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2019).

Otista, satu jalan di kawasan Kampung Melayu, Jakarta Timur yang dilontarkan pun dijabarkan oleh Andien. Otista sendiri merupakan singkatan dari nama pahlawan bangsa.

"Otto Iskandardinata," tutur Andien sambil senyum saat menjawab.

Sutradara Keturunan Pahlawan

Tak sampai disitu, Fimela.com kembali mempertanyakan apakah Andien mengetahui nama cicit dari sosok Otto Iskandardinata yang kini menjadi sutradara terkenal. Dan Andien pun dapat menjawabnya.

"Nia Dinata," ujarnya dengan tegas.

Fakta Singkat

Raden Otto Iskandardinata adalah salah satu Pahlawan Nasional Indonesia, Otto lahir di Bandung, 31 Maret 1897. Dirinya meninggal dunia di Mauk, Tangerang pada 20 Desember 1945. Otto Iskandardinata sempat menjabat sebagai Menteri Negara pada kabinet yang pertama Republik Indonesia tahun 1945.

Ia bertugas mempersiapkan terbentuknya BKR dari laskar-laskar rakyat yang tersebar di seluruh Indonesia. Dalam melaksanakan tugasnya, Otto diperkirakan telah menimbulkan ketidakpuasan pada salah satu laskar tersebut. Ia menjadi korban penculikan sekelompok orang yang bernama Laskar Hitam, hingga kemudian hilang dan diperkirakan terbunuh di daerah Banten.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading