Sukses

Entertainment

Jejak Musik Benny Likumahuwa, Memeluk Jazz hingga Akhir Hayat

Fimela.com, Jakarta Jagat musik tentunya sudah tidak asing dengan nama Benny Likumahuwa, musikus yang telah bersanding dengan jazz sejak tahun 60an. Pemain saksofon legendaris ini diketahui baru saja meninggal dunia di jelang ulang tahunnya yang ke-74 18 Juni nanti.

Benny Likumahuwa mulai dikenal aaat ia menjadi bagian dari band fenomenal saat itu, The Rollies. Lagu-lagu mereka jadi megahits di eranya dan bahkan jadi masterpiece yang masih sayup-sayup terdengar di masa sekarang.

Selain The Rollies, Benny Likumahuwa juga terlibat dalam berbagai project musik bersama para musisi ternama lain. Satu di antaranya adalah Trio ABC bersama Abadi Soesman (keyboardis God Bless) serta penyanyi dan pencipta lagu Candra Darusman. Selain itu yang juga tak kalah populer adalah bergabungnya mendiang dengan Ireng Maulana All Stars bersama Hendra Wijaya, Benny Mustapha dan sejumlah musisi andal lainnya.

Musisi Otodidak

Benny Likumahuwa menguasai beberapa instrumen musik, seperti bass, clarinet dan saksofon yang jadi signature-nya. Musikalitas hebat yang ia miliki ternyata merupakan hasil dari belajar otodidak.

Bakat musik sepertinya juga turut andil membawa takdir Benny Likumahuwa menjadi musisi hebat. Benny merupakan kakak dari penyanyi Utha Likumahuwa, dan legacy-nya kini berlanjut di tangan putranya, bassis jazz Barry Likumahuwa.

Konsistensi Bermusik

Tahun demi tahun berganti, Benny Likumahuwa tetap memeluk jazz dengan kesetiannya. Ia sempat tampil di berbagai festival musik jazz seperti The Singapore Jazz Festival 1986,  The Asean Jazz Festival di Kuala Lumpur tahun 1992 dan acara bergengsi lainnya.

Tahun 2005 ia juga masih sempat rekaman di  The Lion Studio-S’pore untuk Sangaji Music Co bersama Ireng Maulana All Stars. Warisan karya dan konsistensinya akan jadi semangat bagi para musisi Tanah Air, terutama musisi jazz yang bersaing di tengah ketatnya industri musik saat ini.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading