Sukses

Entertainment

Sekuel Novel 5 cm Sudah Rilis, Lanjutkan Kisah Persahabatan yang Kini Hadapi Quarter Life Crisis

Fimela.com, Jakarta Di tahun 2005, penulis bernama Donny Dhirgantoro melahirkan novelnya yang berjudul 5 cm. Sampai tahun 2020 ini, buku tersebut telah dicetak ulang sebanyak 37 kali dan kisahnya juga sudah diangkat ke dalam film layar lebar di tahun 2012. Bagi yang membaca novelnya dan menyaksikan film 5 cm pasti menanti kelanjutan dari kisah persahabatan lima orang pemuda, Genta, Ian, Zafran, Arial, dan Riani.

Jangan khawatir! Setelah 15 tahun berlalu akhirnya hadir sekuel novel 5cm yang bertajuk Aku, Kamu, Samudera, dan Bintang-Bintang. Bertepatan dengan hari Kemerdekaan Indonesia ke-75, Senin (17/8/2020) kemarin, buku terbitan Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo) telah rilis dan dapat ditemukan di seluruh Gramedia di Indonesia.

Sama seperti novel sebelumnya, kali ini Donny juga mengangkat keindahan Indonesia di belahan Nusa Tenggara Barat. Lewat perjalanan kelima sahabat tersebut, sang penulis menghadirkan tempat-tempat indah di NTB. Besar harapan, dapat menjadi referensi pembaca untuk tujuan berliburnya nanti.

“Saya melihat destinasi ini sebagai tempat yang menyenangkan, fun, dan bisa dilakukan. Di ‘5 cm’ yang pertama, banyak pembaca yang melakukan traveling ke Mahameru sesuai dengan cerita di dalam bukunya. Kali ini lebih panjang perjalanannya, mudah-mudahan diikuti kembali sama teman-teman seperti yang pertama kemarin,” kata Donny.

Meskipun mengangkat keindahan Indonesia, cerita dalam novel ini lebih mengedepankan tentang kehidupan lima orang sahabat tersebut dalam menghadapi Quarter-life Crisis. Masih dengan tokoh yang sama, mereka berhadapan dengn konflik baru dalam proses pendewasaan diri.

“Novel ini lebih menceritakan tentang bagaimana mereka menghadapi quarter-life crisis. Setelah lulus kuliah, kita dihadapkan dengan berbagai pilihan hidup. Bahkan terkadang kita harus mengambil pilihan yang tidak kita sukai. Di sini saya mencoba menjabarkan itu semua dalam suatu bentuk cerita. Bukan sebagai analisa perilaku, tapi tentang bagaimana mereka menghadapi berbagai masalah dan bagaimana menyikapinya,” ujar Donny seperti dilaporkan dalam press rilis yang diterima Fimela.com.

Kelanjutan Hidup Hadapi Pendewasaan diri

Novel 5 cm: Aku, Kamu, Samudera, dan Bintang-Bintang ini berawal dari perjalanan pulang Zafran, Ian, Arial, Genta dan Riani dari puncak Gunung Mahameru. Seperti yang dijelaskan sang penulis, di novel ini memang menceritakan kelima orang ini menghadapi quarter life crisis. Berbagai pertanyaan menghantui pikiran mereka. Bukan dari orang lain, melainkan dari diri sendiri.

Pada intinya, pertanyaan-pertanyaan tersebut seputar tentang kehidupan yang sebenarnya dijalani untuk kebutuhan diri sendiri atau memenuhi kepuasan orang lain? Dalam salah satu sub bab dari ketujuhbelas lainnya di novel ini mengisahkan betapa kuatnya persahabatan untuk menjalani kehidupan di dunia ini.

Aku, Kamu, Samudera, dan Bintang-Bintang Menuju ke Layar Lebar

Setelah sekuel novelnya dirilis, 5cm: Aku, Kamu, Samudera, dan Bintang-Bintang akan hadir juga dalam bentuk film layar lebar. Donny Dhirgantoro mengatakan, sekarang ini sudah dalam proses. Berharap, setelah pandemi Covid-19 usai, dapat langsung dimulai proses penggarapan.

“Sudah ada development dan skrip sudah di tangan produser, tapi masih dalam proses. Mudah-mudahan setelah pandemi ini dapat berjalan dengan lancar.” kata Donny.

Saksikan Video Pilihan Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading