Sukses

Entertainment

Pesan Nadine Chandrawinata tentang Bhinneka Tunggal Ika

Fimela.com, Jakarta Indonesia memang kaya akan suku dan budayanya. Setiap daerah memiliki adat dan budaya sendiri-sendiri. Tak heran ketika satu budaya di daerah tertentu, bisa berlainan dengan di daerah lain. Hal ini pula yang ditemui Nadine Chandrawinata.

"Seneng banget kalau aku bisa keliling-keliling lagi ke tempat baru yang belum pernah aku datengin. Ketemu sama budaya baru, ras baru, dengan beragam agama atau kepercayaan yang ada," kata Nadine di laman Instagramnya, nadinelist, baru-baru ini.

"Sering juga aku coba kebiasaan dalam budaya mereka. Biasanya pasti banyak pertanyaan kalau sebelumnya kita enggak tau kebudayaannya; kenapa pake ini ya? kok harus gini ya? Sampe akhirnya kita melihat mereka, mendengar mereka dan mengerti mereka, barulah kemudian kita tau jawabannya,"lanjut Nadine Chandrawinata.

⁣Sangat Positif

Menurut Nadine, dengan seringnya menyambangi tempat yang beragam, maka kesadaran diri akan banyaknya perbedaan akan terbangun. Juga, kesadaran itu akan memberikan hal yang positif yaitu sikap meneriima.

"Sangat…. Sangat positif banget impactnya buat diri kita sendiri ketika bisa menerima dan bisa memahami banyaknya karakter budaya manusia di dunia ini. Pola pikir yang berbeda mulai dari yang hanya mengandalkan apa yang ada di sekitar sampai yang udah memahami betul teknologi di zaman sekarang ini," ujarnya. ⁣⁣

Ia menambahkan bahwa melihat perbedaan ras, agama, budaya di dalam manusia itu sendiri sangatlah mudah. Yang perlu sedikit usaha, menurutnya adalah mencari kesamaan dalam perbedaan itu.

"Saya etnis jawa misalnya, teman saya etnis tionghoa, teman saya yang lain etnis batak. Well, kita berbeda, tapi apa yang sama? Kita sama-sama manusia. Kita sama sama mencintai kebaikan dan ketulusan misalnya," paparnya.⁣

Berbeda Tetapi Satu

Nadine Chandrawinata pun akhirnya mengambil semboyan bangsa Bhinneka Tunggal Ika, dan mencoba menerjemahkannya dalam kehidupannya. Bagaimana ia mengambil perbedaan sebagai satu landasan kehidupan yang harmonis.

"Pada dasarnya, kesamaan di antara keragaman adalah penyatu yang justru menjadi landasan kehidupan bersama yang harmonis. Oleh karena itu, kita harus sadar bahwa kita bukan sekedar Bhinneka (beragam) tetapi kita juga Tunggal Ika (satu) dan kesatuan ini adalah landasan sekaligus tujuan kita semua," tandasnya.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading