Sukses

Entertainment

Cara Irfan Hakim Ajarkan Tanggung Jawab pada Anak Sejak Dini

Fimela.com, Jakarta Sudah menjadi kewajiban semua orangtua untuk mendidik anak-anaknya dengan baik. Banyak cara yang bisa dilakukan, seperti yang diterapkan presenter Irfan Hakim untuk mengajarkan sikap bertanggung jawab pada anak-anaknya.

Sejak dini, pria asal Bandung, Jawa Barat itu sudah membiasakan anak-anaknya untuk memiliki rasa tanggung jawab. Salah satu contoh, ketika si kembar, Rakana dan Reina mendapat tawaran untuk menyumbang suara di album lagu anak-anak, Irfan Hakim pun memberikan pilihan.

"Gue yang ditawarin, dikasih tau siapa-siapa aja (yang terlibat), gue tanya anaknya mau apa nggak, kalau enggak ya gue nggak bisa memaksakan," kata Irfan Hakim belum lama ini.

Konsekuensi

Lebih lanjut, ketika Rakana dan Raina menyanggupi tawaran tersebut, Irfan Hakim pun langsung meminta anak kembarnya tersebut untuk bertanggung jawab dengan keputusannya. Tak sekedar rekaman, Irfan pun meminta dua putrinya itu untuk menyiapkan segala sesuatunya.

"Ketika mau ya harus tanggung jawab. Mau berlatih, dengerin lagunya, nggak malu, luangin waktu buat rekamannya juga. Jadi gue sih membiasakan untuk tanggung jawab atas pilihan mereka," paparnya.

Tak Akan Memaksakan

Irfan pun sadar betul, sebagai orangtua, ia dan istrinya harus demokratis akan setiap keputusan yang diambil anak-anaknya. Mereka mengaku tak mau memaksakan kehendak pada anak-anaknya jika memang putra dan putri mereka tak tertarik akan tawaran yang datang.

"Kalau nggak mau ya gue nggak bisa memaksakan, tapi kalau mau ya harus terus (total)," pungkasnya.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

What's On Fimela
Loading