Sukses

Entertainment

Awal dan Akhir: Ketika Hidup Dipertaruhkan pada Sebuah Festival Musik

Fimela.com, Jakarta Menyatukan banyak kepala dalam sebuah grup musik memang bukanlah hal mudah. Perbedaan latarbelakang masing-masing personel dan cara pandang mereka dalam bermusik kerap kali menjadi jurang pemisah antara sukses dan gagal. Stagnasi karier pun menjadi sajian lain dalam sebuah perjuangan meraih popularitas dalam original series terbaru yang tayang di platform Bioskop Online mulai 29 Januari 2021. Serial Awal & Akhir merupakan web series produksi Visinema Pictures yang menggambarkan peliknya mimpi menjadi rockstar.

Belum juga sukses sebagai grup band, Arga (Roy Sungkono), Samo (Tanta Ginting), Carissa (Azizah Hanum), dan Freddy (Gilbert Pohan) dibayang-bayangi perpecahan ketika cita-cita harus dihadapkan dengan realita yang ada. Cerita garapan sutradara Sabrina Rochelle Kalangie tersebut pada dasarnya memiliki premis sederhana yang lumrah terjadi dalam suatu grup musik. Awal & Akhir adalah perjuangan Arga, Samo, Carissa, dan Freddy membuktikan diri jika band mereka bukanlah band 'kacangan' dan mampu tampil di sebuah panggung megah dengan ribuan penonton di hadapan. Cita-cita yang tergolong sederhana, namun tetap saja yang namanya perjuangan tentu tidak mudah.

Cerita berawal dari friksi yang terjadi antara Arga dan Freddy di belakang panggung. Freddy yang sudah merasa tercukupi harus berbenturan dengan ambisi Arga yang punya cita-cita lebih besar pada bandnya. Mereka pun diambang perpecahan. Setelah mengawali cerita dengan sebuah konflik besar, penonton lantas digiring untuk meresapi kehidupan belakang panggung masing-masing personel. Freddy dengan masalah ekonomi, Carissa dengan konflik keluarganya, dan Samo dengan karier dan kisah percintaannya. Sampai sini, garis besar konfliknya cukup tersusun rapi.

Meleset di Akhir

Bak sebuah karya tulis, setelah masalahnya terjabarkan, penyelesaiannya pun disajikan. Untuk kasus band kafe ini, ambisi Arga yang ingin tampil di sebuah panggung besar dianggap realistis untuk menyelesaikan masalah para personel yang lain. Kepada sebuah festival musik bergengsi pun akhirnya masa depan mereka dipertaruhkan.

Saat penonton sudah mulai bisa menebak akhir dari perjuangan Arga cs, cerita pun di belokkan. Sosok Arga yang tak terlihat konfliknya internalnya di awal mendadak menjadi fokus utama di sepertiga akhir cerita. Pergulatan batin yang ditutupi selama ini pun mendorong Arga untuk membuat keputusan besar. Penonton pun dipaksa untuk mencari opsi lain dalam menebak akhir dari ceritanya.

Sudah Maksimal

Secara keseluruhan, serial Awal & Akhir sudah dieksekusi dengan rapi dan maksimal, baik itu alur cerita maupun penokohannya. Durasi yang terbilang singkat, yakni sekitar 70 menit untuk sebuah cerita dengan empat karakter yang menjadi sentral pun bisa menjadi alasan ketika ingin mengkritik kurang dalamnya masalah pribadi yang dialami setiap personel.

Di satu sisi, ending-nya terkesan menggantung karena hanya happy secara grup, tidak meng-highlight masing-masing personel yang punya masalah tersendiri di awal cerita.

Namun, terlepas dari plus-minus yang bisa diperdebatkan, untuk sebuah web series, Awal & Akhir digarap sangat serius dengan treatment layaknya film layar lebar. Di sini, (mungkin) peran Angga Dwimas Sasongko, si empunya Visinema Pictures dengan segala idealismenya dalam berkarya patut diacungi jempol.

Saksikan Video Menarik Berikutnya

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading