Sukses

Entertainment

5 Keyboardis Indonesia yang Jadi Tulang Punggung Grup Musiknya

Fimela.com, Jakarta Sebuah grup musik atau band pada umumnya memiliki formasi inti gitaris, vokalis, bassis, dan drummer. Kehadiran seorang pemain keyboard menjadi opsional, bergantung pada identitas musik yang diusung.

Namun ketika sebuah band memiliki pemain keyboard, biasanya sang musikus punya peran vital. Mereka tak jarang menjadi komposer utama atau arranger dalam grup tersebut.

Hal itu dibuktikan dengan sejumlah band Tanah Air yang punya pemain keyboard ikonik. Tak hanya jadi pelengkap, mereka jadi tulang punggung yang tak bisa dipisahkan dari identitas grup musiknya. Ini dia daftarnya.

Badai eks Kerispatih

Doadibadai Hollo, atau akrab disapa Badai merupakan salah satu pentolan grup Kerispatih. Ia juga menjadi founder band pop asal Jakarta yang dikenal dengan lagu-lagu romantis.

Badai menjadi pencipta lagu di sebagian besar karya Kerispatih. Sayangnya karier band yang satu ini harus terhenti, tapi tidak dengan Badai yang masih aktif mencipta lagu untuk dirinya dan para penyanyi Indonesia.

Yovie Widianto 

Punya dua band dan sama-sama sukses, Yovie Widianto menjadi salah satu legenda di industri musik. Ia melahirkan berbagai karya hebat untuk Kahitna, dan Yovie and Nuno.

Selain itu ia juga menelurkan lagu hits yang dinyanyikan sederet solois. Beberapa di antaranya adalah Glenn Fredly, Tiara, Arsy Widianto dan masih banyak lainnya.

Krishna Balagita

Masuknya Donnie Sibarani mungkin kerap disebut sebagai momen titik balik ADA Band menuju sukses. Namun di balik itu ada juga sosok Krishna Balagita, keyboardis yang jadi tulang punggung grup musik tersebut.

Sejumlah komposisi manis lahir dari kreativitasnya mengolah melodi. Tahun 2009 Krishna memilih keluar dari grup, yang mulai menghambat karier ADA Band. Meski cukup berhasil move on, karya-karya ADA Band era Krishna akan selalu membekas.

Ahmad Dhani

Di balik sosoknya yang ceplas-ceplos dan kontroversial, harus diakui Ahmad Dhani merupakan salah satu musisi jenius di industri musik. Ia berhasil membawa Dewa 19 jadi grup yang ikonik dan legendaris.

Dhani tak hanya mencurahkan kreativitasnya di Dewa 19. Di masa jaya Republik Cinta Management, karya Dhani dibawakan beragam artis seperti Mulan Jameela, The Rock hingga The Lucky Laki.

Kevin Aprillio

Terakhir ada keyboardis/pianis berbakat, Kevin Aprillio. Ia dikenal luas masyarakat saat melambungkan karier bandnya, Vierra (sekarang Vierratale).

Hampir semua karya Vierratale lahir dari tangan dingin Kevin. Selain itu ia juga sempat membuat lagu untuk girlband Princess dan Kevin and the Red Rose.

Simak video menarik berikut ini:

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading