Sukses

Entertainment

Lyodra dan Fakta-Fakta Menarik di Balik Album Perdana

Fimela.com, Jakarta Solois Lyodra Ginting resmi menapakkan kakinya lebih jauh di industri musik Indonesia. Setelah merilis beberapa single pasca menjadi jawara Indonesian Idol, Lyodra akhirnya merilis album perdana yang bertajuk Lyodra.

Saat konferensi pers pada Kamis (15/7/2021), gadis kelahiran Medan, 18 tahun lalu itu mengaku bahagia akhirnya bisa menandai perjalanan karier bermusiknya dengan sebuah album. Baginya, album musik ibarat sebuah Ijazah bagi penyanyi yang mau tak mau harus dimiliki dalam perjalanan kariernya.

"Ini adalah album pertama, bahagianya nggak bisa dideskripsikan. Memang aku pengin banget punya album, kalau sekolah lulusnya pake ijazah, kalau penyanyi pakai album. Jadi aku udah lulus nih, udah dapat ijazah, penghargaan juga buat diri aku sendiri, ini kan impian semua penyanyi kalau menurut aku," ungkap Lyodra.

Tak hanya sebagai 'sertifikasi' dalam bermusik, album Lyodra pun nyatanya memiliki beberapa hal menarik untuk dibahas. Berikut, FIMELA coba merangkumnya.

Penantian Panjang

Jika dicermati, Lyodra sudah sekitar satu tahun berkecimpung di dunia musik sejak lulus sebagai pemenang Indonesian Idol X. Dan album ini menurut Lyodra adalah penantian panjang yang berbuah manis. Harusnya, menurut Lyodra, album perdananya ini sudah dirilis pada akhir 2020 lalu.

"(Pengerjaan) Hampir setahun sih, karena mundur-mundur terus kan. Harusnya udah kelar video klip, recording, harus mundur-mundur, total setahun mundurnya. Harusnya target 2020 akhir," katanya.

Untuk Diri Sendiri

Penamaan Lyodra sebagai tajuk dari album pertamanya pun menurut Lyodra sarat akan pertimbangan. Baginya, album perdana sangat spesial dan merupakan identitas setiap penyanyi dalam kariernya, sehingga nama Lyodra lah yang dia pakai untuk menamai album tersebut.

"Album ini aku kasih nama Lyodra, kenapa? Karena ini album pertama aku. (Album) Lyodra itu untuk aku. Kayaknya jarang nama Lyodra, dan buat aku maknanya unik. Ini albumnya tentang diriku, tapi kisahnya nggak semua tentang aku," paparya.

Materi Lagu

Saat peluncuran, Lyodra juga mengumumkan jika album perdananya itu akan memuat total delapan lagu yang terdiri dari empat single yang sudah dirilis dan empat lainnya yang akan segera dirilis. Bersamaan dengan peluncuran album tersebut, Lyodra pun merilis single yang berjudul Kalau Bosan.

"(Album) Ada 8 lagu, 4 lagu yang udah dirillis, 4 lagi ada Kalau bosan, Dibanding Kamu, oe..oe, dan Pesan Terakhir," tutur Lyodra.

*Lagu Kalau Bosan Sebagai Andalan*

Terkait pemilihan lagu Kalau Bosan sebagai single andalan guna mendongkrak album perdananya ini, Lyodra pun memiliki alasan tersendiri. Mengangkat tema ghosting, yang memang sedang menjadi istilah populer di kalangan milenial saat ini.

"Sebenarnya aku juga galau banget waktu milih lagu, 'kita fokusnya ke mana?' Aku galau 3 hari. Karena dari 4 ini, semuanya bagus-bagus. (Pemilihan lagu Kalau Bosan) Mungkin dari ceritanya, lagi marak-maraknya ghosting juga, dan bucin kali ya. Karena banyak yang relate," pungkasnya.

Musisi yang Terlibat

Dan, Lyodra tak bekerja sendiri dalam merampungkan 8 lagu yang terdapat di album perdananya itu. Sederet musisi papan atas mulai dari Yovie Widianto, Anji, Ade Govinda, dan beberapa nama lain turut ambil bagian dalam kesuksesan Lyodra menelurkan album pertamanya.

"Secara pengalaman menggarap album ini seru banget karena aku kolaborasi sama musisi yang luar biasa, ada Ade Gobvinda, Yovie Widianto, Dipha Barus, dan lain-lain. Selama aku garap ini seneng, terharu campur sedih, sering terhambat juga gara-gara Covid tapi bisa terbayar ya, seneng banget, finally. So far sih senang karena banyak banget sama musisi-musisi yang sangat open, aku bisa memberi ide aku tanpa ada rasa canggung," pungkasnya.

Simak juga video menarik berikut ini:

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Rina Nose dan Lyodra Didapuk Nyanyi Lagu Jawa di Gelaran Amazing 19