Sukses

Entertainment

Anggun C Sasmi dan Alasan Pilih Jadi Warga Negara Prancis

Fimela.com, Jakarta Anggun C Sasmi merupakan penyanyi yang membawa kebanggaan tersendiri untuk Indonesia. Kiprahnya pun sudah diakui secara internasional dengan berbagai pencapaian besarnya.

Di puncak karier, Anggun membuat keputusan besar untuk berpindah kewarganegaraan. Ia terdaftar sebagai Warga Negara Prancis, negara yang kini jadi tempat tinggal dan wadahnya berkarier. 

Hal tersebut menjadi keputusan yang berat bagi penyanyi kelahiran Jakarta, 29 April 1974 ini. Anggun dengan berat hati memilih Prancis, tanpa melupakan semua tentang Indonesia.

Awal Mula

Akun instagram @insta_julid mengunggah cuplikan video lawas Anggun yang membahas tentang kewarganegaraan. Dalam video Anggun menyatakan sempat bertemu dengan duta besar Indonesia di Prancis. Ia membuat sebuah permintaan.

"Ini terus terang aja ya. Ini aku juga ketemu Pak Dubes, aduh gimana kesannya ingin memberi sesuatu untuk Indonesia. Mungkin saya termasuk penyanyi pertama yang mencoba mendobrak market Eropa," tutur Anggun.

"'Bisa gak dibantu mendapat permudahan dalam mengambil visa?'. Soalnya kalau setiap hari Senin saya harus ngantri di setiap kantor dubes. Bilangnya gini 'Maaf ya saya gak bisa, anak saya juga gak punya paspor ini kok," sambungnya.

Kendala Teknis

Karier menjadi sesuatu yang penting bagi Anggun. Dan dengan kondisinya saat itu, ia cukup kesulitan melakukan promosi lagu di Prancis saat masih menjadi warga negara Indonesia.

"Karena banyak negara yang aku ga bisa datang untuk promosi karena paspor aku gak diperbolehkan. Ada banyak negara yang gak ada perjanjian politik dengan Indonesia," tutur ibu satu anak tersebut.

"Ini bukan fasilitas saya buat kerja, aku merasa sedih sekali. Meminta bantuan dari pemerintah Indonesia gak dikasih. Saya harus mengambil keputusan dengan berat hati," tambahnya.

Tetap Berdarah Merah Putih

Berpindah kewarganegaraan juga membutuhkan serangkaian proses yang cukup menyita waktu. Beberapa tes ia jalani sebelum akhirnya secara legal menjadi WN Prancis.

Meski begitu, Anggun tetap membawa identitasnya sebagai putri kelahiran Indonesia di kancah internasional. Dalam berbagai kesempatan ia banyak bicara hal positif tentang Tanah Air.

"Sekarang orang-orang tahu aku orang Indonesia. Setiap kali aku berbicara Indonesia. Sebenarnya buat aku yang ganti warna buku kecil itu," kata dia.

Simak juga video menarik berikut ini:

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading