Sukses

Entertainment

Azis Gagap Punya Pesantren, Ini 9 Potretnya yang Punya Tanah Luas Juga Ada Fasilitas Ternak

Fimela.com, Jakarta Setiap orang memiliki sisi lain yang terkadang berbeda drastis dari apa yang ditampakkan kepada publik. Seperti halnya pelawak Azis Gagap yang biasa tampil mengocok perut pemirsa televisi, tapi ternyata memiliki pesantren.

Azis Gagap ternyata memiliki kepedulian yang sangat besar pada dunia pendidikan agama Islam. Sebuah pesantren dikelola pelawak ini dengan nama Ash-habul Aziziyah. Pesantren tersebut terletak di kawasan Leuwiliang, Bogor, Jawa Barat.

Berikut potret pesantren milik Azis Gagap yang memiliki tanah sangat luas sebagaimana ditangkap dari video di kanal YouTube Amanda Caesa. Dengan lahan yang luas tersebut, ada area untuk bercocok tanam dan juga beternak.

Foto Azis Gagap

Masuk ke area pondok pesantren, ada sebuah bangunan yang jendelanya terdapat foto Azis Gagap.

Peternakan

Bagian depan pondok pesantren digunakan sebagai penyangga ekonomi pondok pesantren itu sendiri. Ada peternakan kambing, burung puyuh, ayam kampung, dan lainnya.

Kolam Ikan

Selain itu ada pula kolam ikan yang diisi beberapa jenis ikan seperti mujaer, nila, dan juga ikan emas.

Lahan Luas

Lahan pondok pesantren yang masih luas juga diguakan sebagai tempat berkebun. Ada kebun pisang, ketela, dan lainnya.

Bagian Belajar Mengajar

Bagian pondok pesantren yang digunakan sebagai tempat belajar mengajar ada di bagian belakang. Paling depan dan berbatasan dengan pintu gerbang adalah rumah tinggal dari kyai atau ustadz yang mengajar.

Tempat Majelis Taklim

Di dalam area pondok, terdapat sebuah ruang dengan dinding terbuka. Tempat ini dipergunakan sebagai tempat majelis taklim atau aula.

Jalan Kaki

Area di dalam pondok pun memiliki lahan yang sangat luas. Dari pintu depan sampai belakang, harus ditempuh dengan waktu lumayan lama dengan berjalan kaki. Namun, jalanan sudah tertata rapi.

Ruang Kelas

Ruang kelas untuk belajar mengajar pun masih sangat sederhana. Namun terlihat sangat rapi dan bersih karena ada sistem piket dari anak-anak pondok untuk bertugas membersihkan.

Kamar Tidur

Khusus untuk kamar tidur santri putri, biasanya satu ruangan dihuni oleh 10 orang. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading