Sukses

Entertainment

Garin Nugroho Angkat Kisah Anak dan Budaya Papua Lewat Film Sepeda Presiden

Fimela.com, Jakarta Sebuah film anak berjudul Sepeda Presiden akan segera melakukan produksinya. Film produksi Radepa Studio ini mendaulat Garin Nugroho sebagai sutradaranya. Film ini akan mengangkat tema anak dan budaya Indonesia, khususnya budaya Papua.

Avesina Soebli, produser film Sepeda Presiden mengatakan bahwa cerita anak-anak Papua memang selalu kaya, unik, dan menarik untuk diangkat ke dalam cerita film layar lebar.

"Karena cerita mereka kaya oleh khazanah kehidupan sebagaimana alam menumbuhkannya," kata Avesina Soebli kepada awak media, baru-baru ini.

Senada dengan pernyataan sang produser, Garin Nugroho pun mengungkap bahwa Papua selalu bisa membuatnya takjub. Berkali mengunjungi Papua, namun ia mengaku sama sekali tak berkurang kekagumannya terhadap keindahan alam dan juga bakat-bakat terpendamnya.

"Papua adalah sumber spirit, sumber talenta akting, tari dan nyanyi, serta kegembiraan," papar Garin Nugroho yang menggandeng Hestu Saputra sebagai Co-director dalam film ini.

Sebuah Representasi

Film Sepeda Presiden merupakan sebuah representasi dari kisah mimpi dan harapan anak-anak Indonesia. Bagaimana mereka bisa memiliki kebahagiaan yang sama dimiliki oleh saudara-saudara lainnya yang memiliki kelimpahan informasi dan segala kemudahan yang bisa dinikmati.

"Cerita anak Papua yang berbicara tentang Papua tidak banyak. Cerita impian-impian anak Papua juga terbatas tersampaikan. Dan film Sepeda Presiden mengangkat kisah anak Papua dengan segala aspek kehidupan mereka," imbuh Avesina.

Ia menambahkan alasan tentang Sepeda Presiden yang dijadikan judul pada film ini. Menurutnya, visual Presiden dan sepedanya bisa dibilang sangat menarik sebagai peristiwa budaya. Dan secara sosial juga melahirkan partisipasi dan viral.

"Demikian pula degan peristiwa pertemuan presiden dengan berbagai anak Indonesia berkait hadiah sepedanya melahirkan beragam kekocakan yang menjadi perbincangan dan viral," ujarnya.

Aktor Papan Atas

Dalam film ini juga akan ada banyak aktor papan atas yang ikut bermain. Beberapa diantaranya adalah Ariel Tatum, Sita Nursanti, Ian William, Joanita Idol. Selain itu juga ada anak-anak asli Papua yaitu Arnol Aner Asmuruf, Elias Fortunatus Padwa, dan Franken Philipus Antonio Ramandei.

Sementara itu, proses syuting rencananya akan dilakukan selama bulan Oktober 2021 dan mengambil lokasi di Sorong dan Raja Ampat. Tentu saja keindahan alam Papua akan menjadi pemandangan yang menyejukkan mata sepanjang film ini.

"Sepeda Presiden adalah film anak dan keluarga yang penuh dengan kelucuan, kegembiraan, dan lagu-lagu indah serta peristiwa kemanusiaan yang hangat.Inilah kekuatan Papua seperti Mob merdeka yang selalu ditampilkan secara kocak dan gembir," tandas Garin Nugroho.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading