Sukses

Entertainment

Peduli dengan Kesehatan Mental, Prisia Nasution Gelar Acara Sports Charity Program

Fimela.com, Jakarta Dalam rangka Hari Kesehatan Mental se-Dunia yang diperingati setiap tanggal 10 Oktober, yayasan milik Prisia Nasution, Kopi Panas Foundation mengajak masyarakat untuk lebih menyadari lagi pentingnya kesehatan jiwa yang menjadi dasar kesehatan fisik. Sebelas public figure yang memiliki kepedulian atas isu kesehatan jiwa akan bertanding dalam tim yang sama dengan teman-teman penderita gangguan kejiwaan, atau kerap disebut Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), pada tanggal 3 Oktober 2021 dalam acara Sports Charity Program bertema “Mens sana in corpore sano”.

“Acara ini diselenggarakan karena masih banyak dari kita yang memiliki pandangan negatif kepada saudara-saudara kita yang memiliki gangguan jiwa, atau sering disebut ODGJ. Mereka adalah manusia seperti kita, yang membutuhkan perhatian dan memiliki hak untuk hidup sejahtera. Kita bisa saja berada di posisi mereka. Bayangkan banyak dari mereka yang hidup menggelandang tanpa ada yang peduli. Karenanya, dengan berinteraksi dengan mereka, diharapkan kita dapat menumbuhkan empati serta meningkatkan kesadaran kita sendiri mengenai kesehatan jiwa," jelas Prisia.

"Jangan malu untuk mencari bantuan profesional apabila kita terus-menerus merasakan sulit tidur, atau sesak nafas, atau tidak nafsu makan. Jangan salah juga, gangguan perut, misalnya naiknya asam lambung, sariawan, pusing atau gatal-gatal psikosomatis juga menjadi gejala fisik yang berkaitan dengan masalah psikologis. Jangan abaikan” lanjut Prisia Nasution, founder sekaligus Ketua Dewan Pembina Kopi Panas Foundation.

Dukungan dari Para Selebriti

Samuel Rizal, salah satu public figure yang akan ikut berlaga bersama dalam Sports Charity Program menyatakan bahwa dirinya tertarik berpartisipasi, “Karena kita hidup ga sendiri dan perlu tolong- menolong. Jadi, apabila dengan eksibisi basket ini kami bisa menyenangkan bahkan menyembuhkan hati dan jiwa mereka [kawan-kawan ODGJ], siapa tahu nanti di kemudian hari waktu akan berbalik, yaitu kita yang akan ditolong oleh orang lain”.

"Kami merasa senang dan bangga bisa dilibatkan di acara seperti ini, yang artinya berbagai kalangan bisa menghargai dan menganggap kita itu ada, karena selama ini kan ODGJ dianggap di bawah, bahkan yang paling bawah karena tidak punya kapasitas apa apa. Pasien ODGJ yang terpilih juga merasa sangat senang bahkan ada yang merasa iri karena tidak bisa ikut karena kan ini terbatas juga, dan kita juga tidak bisa sembarangan membawa mereka keluar karena belum memenuhi syarat. Semoga acaranya berjalan dengan lancar dan sukses," ungkap Bapak Marsan Susanto salah satu pemilik panti Yayasan Al Fajar Berseri yang anggota pantinya akan berpartisipasi dalam Sports Charity Program.

Streaming

Prisia Nasution, Ine Febriyanti, Augie Fantinus, Reza Nangin, Denny Sumargo, Cikal, Ricky Virgana, Samuel Rizal, Asri Welas, Yuyi "Fluer" dan Uus akan bertanding dalam tim bersama kawan-kawan ODGJ yang dapat disaksikan secara virtual melalui streaming Youtube dan Zoom, atau secara langsung di Brickhouse 2.0 Bintaro, Tangerang Selatan. Seluruh hasil penjualan tiket akan disalurkan untuk membantu panti-panti ODGJ yang menjadi mitra Kopi Panas Foundation dalam merawat pasien ODGJ agar dapat hidup sehat dan sejahtera.

Selain acara tanggal 3 Oktober 2021, Kopi Panas Foundation akan menggelar acara utama Panggung Mini dengan tema yang sama pada 10 Oktober 2021. Acara ini akan diramaikan oleh dengan berbagai public figure lainnya yang memiliki kepedulian terhadap isu kesehatan jiwa dan ODGJ.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading