Sukses

Entertainment

Melanie Sebono Siratkan Misi Besar di Film Tentang Ibu

Fimela.com, Jakarta Melanie Subono menggunakan media baru dalam menunjukkan kecintaannya pada Indonesia. Biasa bersuara lewat musik dan aktivitas turun ke jalan, putri dari Adri Subono itu kini muncul dengan karya film berjudul Tentang Ibu.

Dalam film tersebut, Melanie bertindak sebagai executive producer bersama Agung Rahadian. Di samping itu, ia juga punya peran lain yaitu sebagai Produser, pengarang ide cerita, sampai membantu sang sutradara, Reza Nangin sebagai co-direct.

Film Tentang Ibu sendiri memiliki akar musikal yang kuat dengan menggandeng dua aktor utama, Jajang C. Noer dan Khiva Iskak sebagai pemeran utama.

"Saya nggak pede sebenernya bikin film. Saya dari dulu bergerak sebagai musisi dan aktivis, jadi pendekatan cerita yang paling saya mengerti ya dari angle musik dan akhirnya saya datang dengan ide cerita dimulai dari lagu," kata Melanie Subono saat konferensi pers secara virtual, Kamis (7/10/2021).

Angkat Kearifan Lokal

Film Tentang Ibu sendiri memiliki cerita yang terbilang sederhana, tentang seorang anak yang berkeliling Indonesia untuk mencari ayahnya bermodalkan foto pernikahan orangtua dan kebuah kain peninggalan sang ayah. Kain itulah yang mengarahkannya mengunjungi lima pulau Indonesia dan bertemu dengan lima kearifan lokal, lagu tradisional dan lima tradisi berbeda yang memiliki satu kesamaan, yakni kekuatan tokoh perempuan.

"Memang dari awal kita ngobrol, treatment-nya mengarah ke panoramic. Shot-shot-nya memperlihatkan gambar-gambar Indonesia. Dari situ dibantu dengan musik dan kita berkolaborasi dengan artis-artis lokal di setiap daerah. Dengan mengajak mereka, mereka bener-bener mengeluarkan otentisitasnya, itu yg kuat. Jadi hubungannya dengan cerita erat dan kental sekali," kata Reza Nangin sebagai sutradara.

 

Tayang di Vidio dan SCTV

Tak hanya sarat akan lagu, keindahan alam, budaya dan wastra Indonesia, di film ini Melanie Subono juga mengangkat brand-brand lokal asli Indonesia muncul ke permukaan lewat berbagai pendekatan dari sisi cerita. Kental akan nuansa Indonesia, film Tentang Ibu pun mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Yang kemudian membanggakan, film debut Melanie Subono sebagai produser ini sudah diputar di Rusia dan sedang berjuang di Toronto Women Film Festival dan Hongkong Youth Film Festtival. Di samping itu, Tentang Ibu juga sudah memenangi berbagai festival film Indie di dunia seperti Bali 4th Dimension Independent Film (Best Narrative Feature) dan Independent Awards (Best Trailler & Best Film), Netherland Pure Magic International Film Festival (Feature Film), Russia Halo International Film Festival (Best Feature Film), India Rameshwaram International Film Festival (Best International Feature Film) dan Singapore World Film Carnival (Narrative Features above 40 min & Debut Film Maker).

Bagi masyarakat yang tertarik untuk menonton filmnya, Tentanf Ibu bisa disaksikam platform Vidio mulai 1December 2021 dan kemudian hadir di SCTV tepat pada perayaan hari Ibu, 26 Desember 2021. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading