Sukses

Entertainment

Ungkapan Jujur Yura Yunita Sebagai Perempuan di Album Tutur Batin

Fimela.com, Jakarta Solois Yura Yunita memperkenalkan album terbarunya bertajuk Tutur Batin. Album tersebut sekaligus menjadi album ketiga dari sang solois setelah sebelumnya merilis album Yura (2014) dan Merakit (2018).

Bagi Yura sendiri, album Tutur Batin memiliki makna mendalam. Seperti tajuknya, Yura mengartikan album Tutur Batin sebagai ungkapan jujur suara hatinya sebagai perempuan.

"Lewat album ini aku ingin menyampaikan ungkapan hati terdalamku yang sejujur-jujurnya. Tutur batin dalam fase perjalananku sebagai manusia yang melewati pertemuan, kehilangan, penyangkalan, amarah, berandai, Depresi, hingga proses healing, menerima semua yang terjadi dan merayakan semua proses kehidupan," ungkap Yura.

Pesan di Cover Album

Berada sebagai perempuan di industri hiburan yang identik dengan citra cantik dengan segala stereotipe yang sudah terbangun, Yura pun berusaha memberikan 'perlawanan' melalui cover album ketiganya. Berbeda dengan banyak orang yang tampil dengan riasan sempurna sebagai bentuk branding, Yura memilih untuk memperlihatkan wajah polos tanpa polesan di cover album Tutur Batin.

Menurut Yura, keputusannya tampil tanpa riasan untuk cover albumnya kali ini merupakan keputusan yang ia ambil setelah melewati banyak diskusi dengan perempuan lain yang memiliki kegundahan yang sama tentang kesempurnaan fisik.

"Wajah tanpa riasan, jerawat, inilah aku apa adanya yang mungkin jarang banyak orang lihat," paparnya.

Tentang Album Tutur Batin

Tutur Batin sendiri berisikan 11 lagu yang mewakili kejujuran Yura sebagai perempuan. Dalam album ini, lagu Hoolala, Duhai Sayang, Tenang, dan Mulai Langkahmu sebelumnya sudah pernah dirilis sebagai single. Meski ditulis dengan sudut pandang perempuan, namun Yura tetap menggambarkan situasi terkinu lewat sejumlah materi lain di album tersebut.

"Secara keseluruhan, proses penggarapan album Tutur Batin menggambarkan proses pendewasaan Yura baik secara konsep, tema, musik dan lirik. Ketika album kedua terdengar personal, maka album ketiga ini makin terasa personal," pungkas Yura.

Setelah resmi dirilis, album Tutur Batin sudah bisa didengar di seluruh layanan musik streaming pada 22 Oktober 2021. Berikutnya, pada 29 Oktober 2021 mendatang, akan ada pula penayangan Pertunjukan Tutur Batin secara virtual di kanal YouTube Yura Yunita, yang mana di pertunjukan virtual ini Yura Yunita untuk pertama kalinya akan menampilkan keseluruhan lagu dari album ketiganya tersebut.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Optimis Bersama dalam Perpaduan Harmoni Lagu Yura Yunita 'Merakit' di Film NUSSA