Sukses

Entertainment

Spotify Ajak Pendengar Ngabuburit dengan Sederet Konten Ramadan

Fimela.com, Jakarta Ngabuburit telah menjadi budaya dan bagian dari identitas bangsa Indonesia, terutama di bulan Ramadan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang, mencari inspirasi atau juga menambah wawasan.

Menyambut datangnya bulan suci Ramadan, Spotify mengumumkan deretan koleksi spesial bagi pendengarnya di berbagai penjuru Indonesia. Mengundang sejumlah awak media, #NgabuburitDiSpotify diperkenalkan. Ada apa saja?

Mulai 29 Maret 2022, pendengar dapat mencari kata kunci “Ramadan” di Spotify untuk menemukan Ramadan Hub, yang menampilkan playlist lagu dan podcast eksklusif sesuai dengan suasana hati dan momen refleksi diri selama bulan suci. Tahun ini, Spotify juga memperkenalkan playlist podcast terbaru berjudul ‘Berkah Ramadan” dengan podcast religi terbaik Indonesia untuk menemani waktu sahur dan berbuka

 

Ragam Konten Audio

Melalui hub Ramadan, pendengar dapat menemukan beragam pilihan audio lokal dan internasional dari Spotify, mulai dari konten religius untuk siraman rohani, hingga sajian hiburan yang ringan dan menyenangkan. Mulai dari kembalinya audio drama kesayangan Kelas PUBER oleh Makna Talks hingga Podcast Ancur dengan audio drama barunya berjudul “Pasukan Hampa Udara”, talk show religi ringan dari Podkesmas dan GJLS Ramadan serta kumpulan cerita pengakuan dalam BKR Ngaku dari BKR Brothers.

Tahun ini, Spotify juga dengan bangga mengumumkan bahwa pendengar kini dapat menikmati auto-biografi dari sang legenda, Rhoma Irama, dalam Cerita Raja Dangdut:  Podcast Eksklusif Rhoma Irama Dari Collab Asia.

“Sebagai sebuah format, audio memiliki cara tersendiri untuk menginspirasi dan menyentuh hati serta pikiran seseorang yang tidak dimiliki oleh format lainnya. Kini, kami mewujudkannya di Spotify — sebagaimana semakin banyak orang yang beralih ke konten audio selama Ramadan. Pada tahun 2021, kami melihat peningkatan lebih dari 16% untuk jumlah streaming selama Ramadhan di Spotify di Indonesia saja,” kata Carl Zuzarte, Head of Studios, Southeast Asia.

“Dengan Ramadan menjadi salah satu momen terpenting bagi pendengar kami di Indonesia, kami sangat bersemangat untuk menghadirkan berbagai konten audio dan pilihan format di platform kami untuk mendukung momen refleksi diri dan silaturahmi dengan keluarga di bulan suci ini,” tambahnya.

Bangkitnya Drama Audio

Sebuah fenomena menarik terjadi, di mana drama audio kembali menyita perhatian pendengar. Dimasta dari Ardan Radio, yang telah memiliki pengalaman selama hampir satu dekade dalam pembuatan drama audio memberikan pendapatnya mengenai alasan mengapa drama audio berhasil kembali sukses.

"Drama audio, pada dasarnya, dapat menstimulasi imajinasi pendengar untuk membangun adegan visual di dalam pikirannya dari cerita yang sedang didengarkan. Hal tersebut menyajikan pengalaman serupa dengan tradisi mendongeng dan bertutur secara turun temurun dari orang tua atau kakek nenek kepada anak-anaknya, yang telah mengakar kuat dalam budaya kita sejak dahulu. Itulah alasan mengapa drama audio tidak pernah benar-benar menghilang bahkan di masa-masa ketika format ini mulai meredup di awal tahun 90-an. Saat ini, meningkatnya popularitas podcast, berkat dengan kemudahan dan kelebihan platformnya yang on-demand, telah membuat drama audio kembali relevan dan membuka pintu untuk era baru drama audio,” kata Dimasta.

Sejalan dengan Dimasta, Iyas Lawrence, kreator di balik drama drama "Kelas PUBER" yang populer oleh Makna Talks, mengatakan, “Drama audio memungkinkan pendengar untuk mendengarkan dan menyelami pikiran serta sudut pandang banyak karakter di berbagai situasi. Dalam serial Ramadan Kelas PUBER musim ketiga kami yang mengusung cerita horor misteri dengan sentuhan komedi sebagai contohnya, pendengar dihadapkan pada perasaan dan interaksi antarmanusia yang dapat terjadi ketika menghadapi situasi yang menegangkan, melalui penulisan naskah, desain suara, dan pemainan peran.

 

Untuk tahun kedua berturut-turut, Refleksi Diri, playlist mixed media dari Spotify telah diperbarui untuk menggabungkan musik dan podcast terbaik Indonesia dalam satu lokasi. Playlist ini dapat ditemukan di Spotify Ramadan Hub, bersama dengan playlist musik Ramadan lainnya yang telah diperbarui dan dikurasi khusus seperti Ketupat Lebaran, Salam!, Mendekatinya, dan masih banyak lagi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading