Sukses

Entertainment

Bagi Inspirasi, Ririn Ekawati Tunjukkan Kegiatan Ramadan yang Bermakna

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan hadir dengan berbagai keistimewaannya, selain disambut dengan hati gembira, tentunya kita juga perlu mempersiapkan berbagai hal agar momen suci ini tak dilewatkan sia-sia. Aktris Ririn Ekawati pun berbagi tips dan inspirasi menjalani ibadah di bulan Ramadan bersama keluarga.

“Tradisi khas dan kehangatan bersama keluarga menjadikan bulan Ramadan sebagai salah satu momen spesial yang selalu aku nantikan. Namun, sebagai seorang working mom, menyeimbangkan aktivitas pribadi dan waktu luang bersama keluarga menjadi tantangan tersendiri," kata Ririn dalam siaran pers kampanye ShopeePay Big Ramadan Deals.

Memanfaatkan beragam promo menarik di bulan Ramadan ternyata menjadi salah satu cara Ririn menjalani aktivitas Ramadan dengan nyaman. Tak hanya itu, berikut ini adalah beragam tips dan inspirasi dari Ririn Ekawati agar bulan Ramadan terasa lebih bermakna untuk dijalani bersama keluarga.

Susun Meal Plan Selama Puasa

Menurut Ririn, membuat daftar kebutuhan puasa dan Lebaran sebaiknya dilakukan sejak awal agar dapat lebih mudah mengatur waktu di tengah kesibukan selama bulan Ramadan. Untuk menambah kehangatan, ia pun kerap melibatkan anggota keluarga lainnya dalam merencanakan kebutuhan-kebutuhan tersebut.

Menyusun meal plan untuk sahur, misalnya, membuat anak-anak semakin semangat ketika melaksanakan sahur. Menjelang berbuka, Ririn pun kerap mengajak sang anak dan suami untuk memilih kudapan hingga santapan berbuka dari restoran favorit keluarga. Selain mengakomodir kebutuhan seluruh anggota keluarga, kegiatan ini pun menjadi salah satu bentuk quality time Ririn bersama keluarga di bulan Ramadan.

Jadi Momen Ajarkan Anak Berpuasa

Seperti tahun sebelumnya, Ririn memanfaatkan Ramadan tahun ini untuk mengajari putri bungsunya, Cattleya, berpuasa. “Aku mulai dari konsep sederhana, seperti pentingnya kewajiban berpuasa serta bagaimana caranya menahan rasa lapar, haus, dan emosi," katanya.

"Bagaimana pun, aku sadar setiap anak pasti punya tantangan puasa yang berbeda-beda. Cattleya, misalnya, dia itu bisa menahan rasa lapar, tapi kalau menahan godaan untuk minum susu masih susah, karena memang doyan. Jadi, aku mendorong anak-anak untuk mulai berpuasa secara bertahap saja agar mereka tidak merasa berat dalam menjalaninya, toh masih dalam proses belajar juga,” jelas Ririn.

Menyambung Tradisi Lama

Bertepatan dengan bulan Ramadan, Ririn kerap menjalankan tradisi bersama keluarga, seperti berziarah menjelang Ramadan tiba, serta menunaikan tarawih di masjid terdekat. Ririn juga memiliki kebiasaan bukber bersama sang adik agar keakraban terus terjaga walau sudah berkeluarga.

Selain aktivitas di luar rumah, Ririn juga memperkenalkan makanan khas Ramadan yang ia sukai sejak kecil kepada suami dan anak. Tumbuh dan besar di tengah keluarga Sulawesi, Ririn kerap menghidangkan kuliner khas, seperti es pisang ijo atau palu butung sebagai variasi takjil keluarga saat berbuka. Selain itu, Ririn juga melanjutkan tradisi membuat buras dan Coto Makassar sebagai hidangan khas sambut hari raya. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading