Sukses

Entertainment

Undang Para Podcaster Baru, Noice Buka Peluang Lewat Noicemaker Studio

Fimela.com, Jakarta Noice bersiap melebarkan sayap dalam pengembangan konten berbasis audio. Yang terbaru mereka meluncurkan Noicemaker Studio yang jadi pintu menuju langkah besar mereka berikutnya.

Dengan jumlah user yang diklaim mencapai 2 juta pendengar, NOICE akhirnya membuka peluang untuk lahirnya podcast dan audio content creator baru. Noicemaker Studio diperkenalkan untuk menyambut datangnya konten yang dibuat oleh user (User Generated Content atau UGC).

“Noicemaker Studio lahir dari komitmen kami untuk menciptakan ekosistem konten audio berkualitas dan dapat diakses dengan mudah oleh semua konten kreator. Kami menyadari masih banyak konten kreator audio yang kesulitan mendapatkan akses untuk menjangkau pendengar yang lebih luas. Di sisi lain, mereka tidak punya insight berbasis data mengenai performa podcast mereka sehingga menimbulkan keterbatasan bagi mereka untuk menghasilkan karya yang lebih baik," kata Rado Ardian selaku Co-Founder dan CEO Noice dalam temu pers di Plataran Senayan, Jakarta (13/4/2022).

Rangkul Para Podcaster Baru

Lebih detail soal Noicemaker Studio, Rado menjelaskan fitur dan cara kerjanya. "Di Noicemaker Studio, para konten kreator (atau yang kami sebut, Noicemaker) dapat memasukkan konten podcast mereka ke aplikasi NOICE dengan mudah, serta memiliki akses langsung ke dashboard akun kreator NOICE untuk melihat performa karya mereka secara detail. Hal ini secara langsung akan memudahkan mereka untuk mendapatkan berbagai insight menarik yang tentunya akan mendorong kualitas karya mereka ke depan," ujarnya.

Para kreator baru dapat mengakses Noicemaker Studio melalui halaman website studio.noice.id. Mereka bisa mendapatkan akses untuk menghadirkan konten mereka di Noice dengan memasukkan link RSS podcast mereka ke halaman website tersebut. Selain diperuntukkan bagi para kreator baru, Noicemaker Studio juga dapat dimanfaatkan oleh para kreator NOICE yang sudah terlebih dulu bergabung untuk melihat performa dari berbagai konten yang mereka hadirkan.

"Ini masih awal ya dan akan terus kita kembangkan. Semoga nanti bisa langsung bikin podcast langsung dari Noicemaker Studio," tambah Rado.

Pengembangan dan Monetisasi

Dengan Noicemaker Studio, para content creator yang tergabung tak hanya mendapat pendengar yang lebih banyak di Noice. Mereka juga akan mendapat support dengan pembinaan serta monetisasi lewat fitur live gift dan room VIP dengan para pendengar.

"Noicemaker Studio sendiri merupakan bagian dari Noicemaker Club Program (NCP), sebuah program terintegrasi yang dihadirkan NOICE untuk mendukung para konten kreator untuk tumbuh dan berkembang seiring dengan kesuksesan performa konten mereka," kata Niken Sasmaya selaku Co-Founder dan CBO.

"Dalam waktu dekat, tepatnya di akhir kuartal 2 tahun ini, kami berencana memberikan akses bagi semua kreator yang telah bergabung menjadi Noicemaker lewat platform Noicemaker Studio untuk dapat membuat room di Noice Live, fitur dimana mereka dapat berinteraksi secara real time dengan para pendengar mereka, berdiskusi dan membahas berbagai topik menarik. Fitur ini sangat unik karena belum tersedia di aplikasi konten audio manapun, yang dimana fitur on-demand podcast dan live audio berada di aplikasi yang sama. Disitu pula akan ada peluang untuk melakukan monetisasi sehingga para konten kreator ini juga bisa menghasilkan pendapatan sendiri dari karya yang mereka hasilkan. Hal ini tentu akan semakin memperkuat posisi NOICE untuk bisa mengakselerasi pertumbuhan ekosistem konten audio di tanah air," pungkas Rado.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading