Sukses

Entertainment

Alasan Hanung Bramantyo Kenalkan Anak-Anak Tokoh Perwayangan Sejak Dini

Fimela.com, Jakarta Hanung Bramantyo dan istrinya, Zaskia Adya Mecca punya cara sendiri untuk memperkenalkan tradisi lokal ke anak-anaknya. Berbeda dari orangtua kebanyakan yang kerap mengakrabkan anaknya dengan karakter pahlawan dari luar, keduanya memilih untuk lebih dulu mengenalkam tokoh-tokoh superhero khas Nusantara.

Maka dari itu, Hanung Bramantyo menyebut jika anak-anaknya tak familiar dengan pahlawan global semacam Spiderman atau Batman. Menurut Hanung, anak-anaknya lebih mengenal tokoh perwayangan atau karakter superhero khas nusantara lainnya.

"Ini anak-anak ini harus ada role model sendiri. Mereka harus kenal hero-hero Indonesia kayak ondel-ondel terus Gatot Kaca, Panawa, Kurawa itu seperti apa. Makanya anak saya nggak tahu Superman, Spiderman itu apa. Pas Kartinian teman-temannya pakai pakaian Superman, Batman, anak saya pakai Gatotkaca, jadi dia bangga dengan super hero Indonesianya," ungkap Hanung Bramantyo di kawasan Depok, Jawa Barat, belum lama ini.

Berbeda

Lebih lanjut, Hanung Bramantyo beralasan jika langkahnya memperkenalkan budaya lokal pada anak-anak termasuk superhero memang merupakan caranya dan sang istri memperkaya pengetahuan anak mereka. Pasalnya, Hanung beralasan untuk superhero luar biasanya bisa dengan mudah didapatkan dari lingkungan pergaulannya.

"(Superhero) Yang biasa dia akan kenal dengan sendirinya, jadi sebagai orangtua, harus mengenalkan apa yang tidak ada," paparnya

"Orangtua yang malas itu yang nggak mengeksplor. Apa yang ada, itu yang ditunjukkan, biasanya begitu. Kalau saya nggak. Saya tidak akan membelikan Spiderman, mereka pasti akan kenal dengan sendirinya dari temen-temennya. Buat apa lagi orangtuanya harus memperkenalkan," tambah Hanung Bramantyo.

Koleksi Wayang

Dan, langkah Hanung Bramantyo memperkenalkan cerita-cerita tentang tokoh perwayangan, Hanung Bramantyo bisa dibilang berhasil. Ia menyebut jika anak terakhirnya sangat mencintai wayang.

"Anak saya koleksi itu. Anak saya yang paling kecil malah tidurnya sama wayang kulit dikelonin gitu, padahal apa enaknya. Karena memang itu turunan dari kakak-kakaknya," tandas Hanung Bramantyo.

What's On Fimela
Loading