Sukses

Entertainment

Angkat Tradisi Budaya Daerah, Pagelaran Sabang - Marauke Diharapkan Bisa Memantik Rasa Cinta pada Tanah Air

Fimela.com, Jakarta Seni pertunjukkan di Indonesia sudah mulai menggeliat pasca dua tahun diterpa pandemi Covid-19. Salah satu yang sempat menyita perhatian publik adalah Pagelaran Sabang - Marauke yang sukses digelar pada akhir Maret 2022 lalu di pelataran Candi Prambanan. Mendapat animo positif dari masyarakat, pagelaran serupa pun digelar selama tiga hari di Jakarta.

Digelar pada 3-5 Juni di Djakarta Theater, Thamrin, Jakarta Pusat, acara yang diinisiasi oleh iForte tersebut menampilkan kekayaan lagu dan seni daerah yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Di samping itu, penyelenggaraannya yang berdekatan dengan Hari Kesaktian Pancasila disebut menjadi momen untuk kembali menguatkan kecintaan publik pada Tanah Air.

"Yaa harapannya kita mau menebarkan semangat dan cinta tanah air, lewat lagu daerah, tarian daerah dan busana daerah," ujar Silvi Liswanda selaku Vice President Director Marketing & Sales iForte di Djakarta Theater, Kamis (2/6/2022).

"Apalagi keunikan setiap budaya di daerah Indonesia itu kan cantik banget, ini juga untuk memberikan pertunjukkan ke anak-anak kita," tambahnya kemudian.

Beri Kesempatan Seniman Tradisional

Dalam tiga hari penyelenggaraannya, Pagelaran Sabang - Marauke akan melakukan 5 kali show yang menampilkan penampilan langsung para pihak yang terlibat dengan pemutaran video saat acara tersebut berlangsung di pelataran Candi Prambanan. Total, Pagelaran Sabang Merauke - Premiere With Live Performance akan menyajikan 21 lagu daerah dengan menampilkan lima penyanyi nasional, 46 musisi tradisional dan modern, serta 135 penari profesional.

"Ini kami juga mau memberikan kesempatan ke temen-temen (seniman) yang luar biasa di sini dengan pertunjukkan yang megah dan penampilan kolosal," tutur Silvi.

"Mungkin ada penari yang dalam keadaan kesusahan dapat panggilan tampil di sini mereka merasa seperti oase di padang pasir. Mereka selama pandemi banyak yang tiarap, mereka-mereka ini kebanyakan adalah tulang punggung keluarga," sahut Rusmedi Agus sebagai Sutradara.

Tayang di YouTube

Tak hanya bisa dinikmati secara live di Djakarta Theater, Pagelaran Sabang Merauke juga bisa disaksikan melalui akun Youtube iForte Solusi Infotek mulai Senin, 6 Juni mendatang. Harapannya, pertunjukkan yang menjadikan musisi Kikan Namara sebagai lead singer sekaligus music director itu bisa semakin menyebarluaskan pesan akan keindahan Indonesia dengan beragam tradisi dan budayanya.

"Iya, kita emang mau banget masyarakat Indoensia tahu soal pegalaran ini, mereka harus tahu betapa indahnya Indonesia yaa. Saya mau semua orang bisa menikmati pagelaran ini, siapapun itu, musiknya indah banget yaa," pungkas Silvi. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading