Sukses

Entertainment

Rungkad, Cara Musisi Asal Bandung Kenalkan Keragaman Budaya di Industri Musik

Fimela.com, Jakarta Sudah sejak lama Bandung dikenal sebagai salah satu kota yang sukses memproduksi musisi-musisi kenamaan. Tak hanya mereka yang bergerak di jalur mainstream, gerakan 'bawah tanah' para musisi dari Bandung pun tak kalah menggerilya. Salah satu yang kemudian patut diapresiasi ialah sebuah lagu yang berjudul Rungkad.

Rungkad merupakan single yang dibawakan oleh musisi bernama Irawan Careuh dan memiliki arti hancur berkeping-keping sampai tak berbekas. Yang menjadi menarik, lagu tersebut menggabungkan karakter vokal kuat milik Irawan Careuh dengan musik perpaduan konsep modern dengan sisi tradisional dari Sunda hasil kolaborasi sang musisi dengan Lukis Music sebagai perusahaan rekaman yang menaunginya.

"Diharapkan single ini bisa ikut mewarnai industri Tanah Air, terutama mengajak anak muda agar lebih mencintai budaya daerahnya," ujar Irawan Careuh dalam keterangan tertulis yang diterima FIMELA.

Soal Perjuangan

Lagu Rungkad sendiri ditulis oleh Gema Dalton dan memiliki makna atas perjuangan seorang pria yang mempertahankan kisah cintanya namun harus kandas karena suatu keadaan. Dibuat sebagai lagu berbahasa daerah yang memadupadankan irama lagu dengan alat musik tradisional, Rungkad lantas diklaim mengusung genre pop modern Sunda.

Lewat lagu Rungkad, Irawan Careuh memiliki misi yang terbilang mulia, yakni membiasakan adanya peleburan seni budaya nusantara dalam sebuah karya musik modern.

"Saya juga ingin mengajak influencer di regional Jawa Barat untuk berkarya, untuk selalu eksis dalam membawa keanekaragaman budaya nusantara. Karena, produk karya anak bangsa sangat kaya akan potensi dikenal di dalam dan luar negeri, bahkan menjadi ikon dan brand di mancanegara," ujarnya.

Apresiasi

Sementara itu, Agus B. Sutopo selaku Direktur Utama Lukis Musik menilai jika karya musik yang disajikan Irawan Careuh lewat lagu Rungkad memang perlu diapresiasi. Menurutnya, project musik yang dipegang oleh Vredy Neptunus selaku produser perlu didukung oleh masyarakat guna menyampaikan misi yang diusung ke ranah yang lebih luas lagi.

"Saya mensupport penuh kegiatan ini. Support dan dukungan masyarakat Indonesia khususnya pencinta musik tanah air sangat dibutuhkan kepada Irawan Careuh sebagai artis dari Lukis Music," pungkasnya.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading