Sukses

Entertainment

Beri Nasehat ke Baim Wong soal HAKI, Ridwan Kamil Justru 'Keki' dengan Komentar Anak Citayam

Fimela.com, Jakarta Niat Baim Wong yang mau mendaftarkan HAKI Citayam Fashion Week mendapat komentar banyak orang, termasuk salah satunya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Melalui akun Instagram miliknya, Ridwan Kamil menuliskan nasehat kepada suami Paula Verhoeven.

"Dear Baim Wong dkk. Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial," kata Ridwan Kamil mengawali nasehat yang dituliskannya di laman Instagramnya, ridwankamil, baru-baru ini.

Ridwan Kamil menambahkan jika fenomena berkumpulnya anak-anak muda Citayam dan sekitarnya di kawasan DUkuh Atas, Sudirman dengan gaya busana unik tersebut, yang akhirnya disebut Citayam Fashion Week merupakan sebuah gerakan akar rumput.

"Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuh kembangnya harus natural dan organik pula," lanjut Ridwan Kamil.

Bisa Hilang Tujuan

Pria berkacamata tersebut mengatakan bahwa ketika gerakan akar rumput dikomersialkan atau diubah konsepnya menjadi mewah, maka akan kehilangan tujuan dan maksudnya. Bahkan, Ridwan Kamil merasa bisa mati muda sebelum berkembang.

"Sekalinya diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda," ujar Ridwan Kamil.

"Biarkan ini jadi cerita, bahwa fashion jalanan tetap adanya di jalanan. Bukan di sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional. Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture," sambungnya.

Ruang Berekspresi

Menyikapi kebiasaan berkumpul dan kemudian melenggang di Sudirman, Jakarta Pusat dari para anakmuda yang merupakan warganya, Ridwan Kamil mengakui bahwa terkadang mereka hanya butuh ruang untuk menyalurkan ekspresinya.

"Ada kalanya mereka hanya butuh ruang ekspresi. Dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh. Tidak perlu pula individu2 di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur," paparnya.

Cabut Pendaftaran

Kepada Baim Wong, Ridwan Kamil pun memberikan saran yang lumayan tegas untuk mencabut pendaftaran HAKI tersebut. Ia berharap, anak-anak pendiri Citayam Fashion Week lah yang kemudian berkembang dan mengurus sendiri.

"Jikapun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan anda. Anda dan istri sudah hebat punya kerja2 luar biasa. Lanjutkan. Tapi bukan untuk inisiatif yang ini," ucapnya.

"Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya. Hatur Nuhun," tegas Ridwan Kamil.

Tak Mandi dan Gosok Gigi

Unggahan Ridwan Kamil ini pun menuai komentar dan juga dukungan banyak orang. Namun tak sedikit yang mendukung Baim dan merasa bahwa Ridwan Kamil kurang menangkap niat baik pesinetron dan juga YouTuber tersebut.

Namun, ada satu komentar dari anak Citayam yang justru membuat Ridwan Kamil keki. Sampai akhirnya ia membalas komentar tersebut.

"Kami komunitas slebew @mhmdriomaulana @nriansyah4 ngerasa dirugikan pak. Karena kami bela-belain dari Citayem ga mandi, ga gosok gigi, karena itulah ciri khas kami. Tolong jangan dirubah.. Slebeewww..," ujar akun bernama anchahaidir.

"@anchahaidir ga gitu juga. tetap harus mandi dan gosok gigi. Jangan bikin malu gubernurnya," jawab Ridwan Kamil.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading