Sukses

Entertainment

Hadirkan Kolaborasi Lintas Kreatif, IM3 Persembahkan Konser Kemerdekaan 'Menjadi Indonesia' yang Artistik & Nasionalis

Fimela.com, Jakarta Apa saja sih definisi kemerdekaan di era digitalisasi seperti sekarang? Jawaban atas pertanyaan ini bisa sangat beragam, namun salah satu kemerdekaan yang meaningful di masa kini adalah kebebasan dalam berekspresi, berkarya, dan menyuarakan pesan persatuan melalui platform lintas kreatif.

Hal inilah yang disuarakan IM3 melalui Collabonation dalam Konser Kemerdekaan bertajuk 'Menjadi Indonesia'. Konser ini menceritakan 'Satu Hari di Nusantara' dengan kolaborasi lintas kreatif bersama musisi kenamaan, seniman papan atas, hingga figur publik yang sudah nggak diragukan lagi namanya.

Konser ini telah resmi ditayangkan di kanal YouTube IM3 pada 27 Agustus 2022. Menampilkan Iwa K, Kunto Aji, Tuan TigaBelas, Idgitaf, Jogja Hip Hop Foundation, hingga Barasuara,. ada banyak sekali momen yang bikin merinding pada konser ini.

Menariknya, konser Collabonation ini menampilkan deretan kolaborasi yang fresh serta hadirnya aransemen baru yang belum pernah ditampilkan sebelumnya. Bahkan, iringan orkestra dari Symphony From Hell juga menambah kemegahan konser yang mampu menguatkan elemen keragaman di Indonesia. Seperti saja sih?

Langsung Dibuka Oleh Penampilan yang Khidmat dan Bikin Merinding

Tanpa perlu berlama-lama, Konser Kemerdekaan 'Menjadi Indonesia' langsung dibuka oleh penampilan kolaborasi antara Kunto Aji dan IDGITAF lewat persembahan yang begitu khidmat. Dua solois kebanggaan Tanah Air ini membawakan lagu IBU PERTIWI dengan penuh rasa nasionalis.

Kolaborasi keduanya pun seolah langsung memantik api semangat kemerdekaan bagi para penontonnya. Nggak cuma itu, keduanya juga menjadi pembuka Konser Kemerdekaan yang begitu artistik dan mencerminkan keberagaman budaya di Tanah Air.

Dalam konser ini, Kunto Aji juga membawakan beberapa lagu andalannya seperti EKSPEKTASI, SAUDADE serta beberapa kolaborasi bersama musisi lainnya. Sementara itu IDGITAF juga membawakan track andalannya seperti HAL INDAH BUTUH WAKTU UNTUK DATANG serta kolaborasi epik bersama Iwa K untuk lagu legendaris yaitu BEBAS.

Narasi 'Satu Hari di Nusantara' oleh Najwa Shihab

Bukan cuma soal musik, Konser Kemerdekaan 'Menjadi Indonesia' juga menampilkan Najwa Shihab yang menarasikan keberagaman di Indonesia melalui 'Satu Hari di Indonesia'.  Karya narasi ini ditulis oleh salah satu seniman kebanggaan Indonesia yaitu Aan Mansyur yang mampu memperkuat suasana konser ini.

Tema narasi tersebut kemudian dituangkan pada beberapa babak dalam konser yang diikuti dengan visualisasi set panggung yaitu 'Fajar di Timur' yang menceritakan semangat di pagi hari, “Beralih ke Tengah” di waktu siang hari dalam membangun percaya diri untuk terus berusaha, 'Semangat di Ufuk Barat' yang memasuki waktu senja dengan membangun ruang kolaborasi, dan ditutup dengan rangkaian 'Menjadi Indonesia' sebagai perayaan atas keberhasilan melewati hari yang panjang.

Menampilkan Kolaborasi Epik berupa Hip-Hop Orchestra

Kemeriahan Konser Kemerdekaan 'Menjadi Indonesia' masih berlanjut. Salah satu momen epik terjadi ketika grup musik Jogja Hip Hop Foundation naik ke atas panggung.

Menariknya, penampilan Jogja Hip Hop Foundation yang biasanya funky dan full tempo kali ini diberi sentuhan orchestra yang bikin aksi panggungnya epik banget. Dalam penampilannya, grup musik asal Jogjakarta ini membawakan beberapa lagu seperti SEDULUR, CINTAMU SEPAHIT TOPI MIRING, serta kolaborasi bersama Kunto Aji untuk lagu KECAP NO 1.

Bakar Semangat dengan Penampilan Tuan Tigabelas dan Barasuara

Kolaborasi epik lainnya masih terus berlanjut. Hip-hop artist yang sudah mahsyur di Indonesia dan mancanegara yaitu Tuan Tigabelas naik ke atas panggung dengan deretan lagu andalannya seperti WESTSIDE, FAITH, serta LAST ROAR yang berkolaborasi dengan Asteriska & Puti Chitara dari Barasuara.

Barasuara sendiri juga menampilkan performance yang mencerminkan semangat nasionalisme lewat trek andalannya seperti TIRAI CAHAYA serta BAHAS BAHASA.

The Legend Iwa K Tak Mau Ketinggalan

Satu lagi yang nggak boleh terlewatkan dari Konser Kemerdekaan persembahan dari IM3 Collabonation ini adalah hadirnya legenda hip hop Indonesia yaitu Iwa K. Beberapa single legendaris dibawakan oleh Iwa K seperti BATMAN KASARUNG dan MALAM INDAH. Nggak cuma itu, dirinya juga mengajak solois muda IDGITAF untuk berkolaborasi dalam single BEBAS.

Konser Kemerdekaan 'Menjadi Indonesia' ditutup dengan manis oleh Kunto Aji, Iwa K, Kill the DJ, dan Tuan Tigabelas yang secara khidmat membawakan single SATU NUSA SATU BANGSA dan MENJADI INDONESIA. Hal ini sesuai dengan semangat IM3 dalam mengajak masyarakat untuk terus bangga akan keberagaman yang dimiliki.

“Dengan Konser Kemerdekaan ‘Menjadi Indonesia’, IM3 ingin mengajak masyarakat untuk terus bangga akan keberagaman yang kita miliki, dan menjadikannya sebagai kekuatan dalam diri untuk Menjadi Indonesia. Setelah beberapa tahun merayakan masing-masing, tahun ini menjadi momen yang tepat bagi kita untuk merayakan bersama, menyatukan perbedaan dari setiap keberagaman budaya, dan mengingatkan kembali bahwa kita adalah satu, Indonesia. Kami juga terus memberikan pengalaman baru bagi pecinta musik melalui kolaborasi musisi lintas genre yang dikemas dengan konsep berbeda namun mengekspresikan semangat yang sama, menunjukkan bahwa kita semua akan dapat selalu terhubung tanpa adanya batasan apa pun,” ujar Fahroni Arifin, SVP Head of Brand Management & Strategy Indosat Ooredoo Hutchison.

Saksikan Konser Kemerdekaan 'Menjadi Indonesia' di kanal YouTube IM3 sekarang juga

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading