Sukses

Entertainment

Jadi Gadis Solo, Clara Bernadeth Banyak Lakukan Penyesuaian

Fimela.com, Jakarta Aktris Clara Bernadeth menjadi salah satu cast yang terlibat dalam film berjudul Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti. Film yang disutradarai oleh Herwin Novianto itu didapuk menjadi penutup Festival Film World Cinema Week yang berlangsung sejak 22 Oktober 2022 kemarin.

Berperan sebagai Yasmin, Clara Bernadeth mengaku harus melakukan beberapa penyesuaian untuk peran tersebut. Hal itu tak terlepas dari karakter perempuan Jawa yang harus dimainkan. Salah satu yang ia lakukan dan menjadi tantangan tersulit yang dialami ialah memfasihkan bahasa Jawa.

"Wah luar biasa sih (dialeg bahasa Jawa), aku lumayan pusing banget buat dialeknya sendiri dan bahasanya sendiri karena sebenernya aku Jawa Tengah tapi di rumah emang udah nggak pernah namanya pakai bahasa Jawa lagi. Jadi pas latihan bahasa Jawa lumayan jadi tantangan sendiri buat aku," ungkap Clara Bernadeth di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (30/10/2022).

Gelapkan Kulit

Selain berlatih bahasa Jawa, hal lain yang juga dilakukan Clara Bernadeth guna menyesuaikan karakternya sebagai gadis Jawa ialah menggelapkan kulit. Setiap akan take, Clara mengaku harus meluangkan waktu khusus untuk membuat kulitnya lebih tanning.

"Buat karaker ini jadi ada permintaan buat lebih dicokelatin kulitnya. Waktu itu sempat di tanning pakai semprotan khusus tanning, tapi pas berjalannya syuting akhirnya harus ditambahin lagi pakai fondation. Jadi aku kayak harus disemprot tanning plus fondatioj satu badan buat warna cokelat kulit aku," paparnya.

Menari

Dan, satu hal lain yang harus dilakukan perempuan 28 tahun itu untuk menjadi Yasmin di film produksi Falcon Pictures itu yaitu menari Jawa. Beruntung, untuk hal itu ia tak terlalu mengalami kesulitan karena sudah pernah mempelajarinya di masa lalu.

"Untuk nari, untungnya aku punya basic tari tradisional. Jadi agak lumayan mudah buat aku menghapalkan tari tradisional," pungkasnya.

Jalan Cerita

Selain Clara Bernadeth, film Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti juga dimainkan oleh beberapa nama lain seperti Indro Warkop dan Donny Damara. Film tersebut bercerita Yasmin (Clara Bernadeth) merupakan pengelola De’Jasmine Inn bersama Darto (Donny Damara) yang ia anggap seperti bapaknya sendiri, sejak sang ayah, Hardiman (Indro Warkop), seorang penari legendaris Indonesia, meninggalkan dirinya dan keluarga.

Konflik dimulai ketika Hardiman kembali dan Yasmin harus belajar menerimanya karena Hardiman mengidap demensia. Beberapa rahasia pun terungkap ketika Darto meninggal dan Yasmin menemukan beberapa barang miliknya.

Selain selain menayangkan film Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti, festival film World Cinema Week 2022 juga memberikan penghargaan Audience Award untuk film-film yang tayang di festival tersebut. Untuk tahun 2022, pemenangnya adalah film Rebel yang disutradarai oleh Adil El Arbi dan Bilall Fallah yang dipilih langsung oleh penonton.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading