Sukses

Entertainment

Pagelaran Sabang - Merauke Naik Pentas Lagi, Kikan Namara Kembali Rasakan Keharuan

Fimela.com, Jakarta Pagelaran Sabang - Merauke kembali dipertunjukkan pada 12 dan 13 November 2022 di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan. Sebelumnya, pertunjukkan serupa sudah sukses berlangsung saat dihelat di Pelataran Candi Prambanan pada Februari dan Djakarta Theater medio Juni 2022 kemarin. Meski bukan pertama kali, namun Kikan Namara yang bertindak sebagai musik director tetap merasakan keharuan yang luar biasa.

Hal itu diungkap vokalis grup band Cokelat itu saat sesi konferensi pers usai media screening pertunjukkan yang diinisiasi iForte bekerjasama dengan BCA tersebut. Untuk kesekian kalinya, ia mengaku tak bisa menahan haru ketika terlibat di dalam Pagelaran Sabang - Marauke.

"Saya nggak bisa nggak nangis setiap kali menyanyi di Pagelaran Sabang Merauke. Sudah berapa kali saya tampil, selalu saya menangis terharu," kata Kikan Namara pada Jumat (11/11/2022).

Lestarikan Budaya Leluhur

Pagelaran Sabang Merauke sendiri digelar dalam rangka memperkenalkan budaya bangsa dan keragaman adat nusantara kepada generasi muda. Di tengah gencarnya terpaan budaya global yang datang, kecintaan publik pada Indonesia dianggap perlu kembali dipertebal dengan sebuah tontonan yang mengangkat adat istiadat dari Indonesia.

"Ini merupakan ajakan nyata bagi masyarakat, khususnya anak-anak muda untuk kembali mencintai kemegahan karya-karya leluhur bangsa,” tutur CEO dan Direktur Utama iForte dan Protelindo Group Aming Santoso.

"Tak hanya menjadi sarana agar masyarakat semakin mencintai warisan budaya bangsa, pementasan ini diharapkan bisa menjadi penggerak agar masyarakat semakin menyelami kekayaan bangsa ini. Sehingga kami berharap budaya yang merupakan salah satu jati diri bangsa ini bisa selalu berkilau dan tak lekang oleh kemajuan zaman,” timpal Direktur BCA, Antonius Widodo Mulyono.

Detil Pertunjukkan

Mengangkat seni budaya dan adat dari berbagai daerah di Indonesia, Pagelaran Sabang - Merauke melibatkan ratusan musisi dan seniman tradisi dari berbagai daerah dengan keanekaragaman musik, busana, hingga tari-tarian. Dalam pertunjukkan yang berlangsung sekitar satu jam Pagelaran Sabang - Merauke mengusung konsep live performance yang menyajikan 22 lagu yang berisikan 21 lagu daerah dan satu lagu nasional.

Pementasannya sendiri melibatkan enam penyanyi yakni Kikan Namara sebagai music director sekaligus lead vocal, Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Taufan Purbo, Alsant Nababan dan Swain Mahisa. Dari sisi musik, pagelaran tersebut didukung oleh kehadiran Batavia Madrigal Singers dan sejumlah musisi tradisional dan modern. Selain itu, unsur etnik kedaerahan disajikan oleh Kidung & team di bagian penata musik tradisional, serta dukungan dari Ava Victoria & Team Orchestra.

"Pagelaran Sabang - Merauke merupakan paduan apik antara musikalitas dan aksi koreografi yang akan mengaduk-aduk emosi penonton. Kami berharap, semua yang menonton pementasan ini bisa pulang dengan rasa bangga telah terlahir di Indonesia,” ujar Rusmedi Agus yang bertindak sebagai sutradara pertunjukkan.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading