Sukses

Entertainment

Najwa Shihab dan Sederet Artis Jadi Penggerak Kebaikan, Rayakan Dampak Nyata 'Warga Bantu Warga'

Fimela.com, Jakarta Najwa Shihab, Andien, Adinia Wirasti dan Awkarin menjadi sederet publik figur yang ikut dalam merayakan dampak kebaikan melalui Festival Warga Bantu Warga yang digelar di Creative Hall, MBloc, Jakarta Selatan.

Najwa Dkk merupakan penggerak kebaikan di Kitabisa, dan di acara ini mereka berbagi di panggung inspirasi. Dalam gerakan ini pula, aplikasi donasi terbesar di Indonesia, Kitabisa mengajak lebih banyak orang lagi untuk melanjutkan berbagai inisiatif Warga Bantu Warga.

Festival Warga Bantu Warga terinspirasi dari gerakan bernama sama yang diinisiasi oleh berbagai perusahaan, LSM, startup, profesional, influencers, selebritis dan individu dalam merespon second wave COVID-19 di Indonesia tahun 2021. Gerakan ini merupakan wujud nyata dari falsafah gotong royong di Indonesia.

Selain gerakan Warga Bantu Warga, berbagai gerakan lain juga difasilitasi oleh Kitabisa, seperti Oxygen For Indonesia, membantu menanggulangi gelombang kedua Covid, Kawan Puan untuk membantu korban kekerasan dan pelecehan seksual, juga Najwa Shihab dengan Celengan Beasiswa Narasi untuk bantuan beasiswa pendidikan.

Terbaru Gempa Cianjur

Wujud nyata gerakan Warga Bantu Warga yang baru ini terlaksana adalah dalam membantu korban bencana gempa bumi Cianjur. Dalam waktu satu minggu Kitabisa memfasilitasi lebih dari 30 influencers untuk membuka halaman galang dana yang berhasil mengajak lebih dari 290 ribu donatur, yang hasil bantuannya sudah didistribusikan secara bertahap sejak hari pertama pasca bencana.

Sementara itu, Najwa Shihab selaku Inisiator Celengan Beasiswa Narasi mengatakan bahwa sejak pandemi, banyak mahasiswa yang putus kuliah karena memiliki kondisi dimana orang tua di-PHK atau ekonomi keluarga yang menurun. Akibatnya mahasiswa tersebut terancam tidak bisa membayar uang semester atau UKT.

"Melalui Beasiswa Narasi, kami bekerjasama dengan Kitabisa untuk mengajak banyak orang membantu mahasiswa yang kurang mampu agar dapat terus melanjutkan kuliah. Mulai dibuka pada Juni 2021, Celengan Beasiswa Narasi telah mengumpulkan donasi sebanyak lebih dari 2 Miliar dan sudah disalurkan lebih dari 1,8 Miliar kepada lebih dari 200 mahasiswa," ujarnya.

"Tentunya gerakan ini dapat terjadi berkat dukungan dari orang-orang baik yang telah berpartisipasi dalam menyisihkan waktu dan materinya demi keberlangsungan pendidikan bangsa yang lebih cerdas di masa depan," lanjut Najwa Shihab.

Negara Paling Dermawan

Berdasarkan studi World Giving Index (WGI) 2022 dari Charity Aid Foundation tentang negara dermawan, Indonesia menduduki peringkat pertama dengan persentase 68 persen. Pencapaian ini membuat Indonesia menjadi negara paling dermawan selama 5 tahun berturut–turut.

Ada tiga faktor yang meliputi studi tersebut yaitu, membantu orang yang tidak dikenal, menyumbangkan uang untuk amal, dan menyisihkan waktu menjadi relawan. Dan sejak berdiri di tahun 2013, platform Kitabisa telah digunakan oleh lebih dari 7 juta pengguna dan menyalurkan bantuan 170.000 inisiatif sosial.

Selain itu, Kitabisa telah menggandeng ratusan yayasan dan lembaga sosial di 34 provinsi dan lebih dari 150 rumah sakit di Indonesia dan sebanyak 63.000 donasi disalurkan setiap hari. "Festival Warga Bantu Warga ini memperkuat komitmen kami dalam mewadahi ragam inisiatif bantuan kepada masyarakat, mulai dari bantuan bencana alam, balita & anak sakit, bantuan medis & kesehatan, bantuan lingkungan serta kegiatan sosial lainnya," kata CEO & Co Founder Kitabisa, Alfatih Timur.

"Kami berharap platform penggalangan dana dan donasi yang kami usung dapat terus mengajak lebih banyak orang untuk melanjutkan gerakan warga bantu warga serta menumbuhkan rasa solidaritas antar sesama masyarakat," tutur Fatih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading