Sukses

Entertainment

Haruka Nakagawa Ungkap Kehidupan Masa Sekolah di Jepang, Bikin Syok

Fimela.com, Jakarta Haruka Nakagawa berbagi cerita tentang pengalamannya selama menempuh pendidikan di Jepang dari kecil sampai lulus SMA. Mantan member JKT48 itu menuturkan jika jam sekolah untuk murid-murid di Jepang jauh lebih lama dari apa yang terjadi di Indonesia.

Hal itu diungkap Haruka saat menjadi tamu di YouTube Channek Vindes milik dua presenter kocak, Vincent Rompies dan Deddy Mahendra Desta. Awalnya, Desta yang juga menggandrungi berbagai hal berbau Jepang bertanya langsung pada Haruka yang lahir dan besar di sana soal budaya belajar di Negeri Matahari Terbit tersebut.

"Di Jepang sekolahnya lama ya? Sampai jam berapa sih?" tanya Desta pada Haruka. "Lama, (sampai) jam 4 atau jam 5," jawab Haruka kemudian.

Ada After School

Tak selesai sampai di situ, perempuan 30 tahun itu kemudian mengatakan setelah selesai menjalani sekolah rutin sampai sore, ada lagi kegiatan yang biasa dilakukan siswa sekolah di Jepang berkaitan dengan pendidikan. Haruka menyebut jika kegiatan itu biasa disebut after school atau yang di Indonesia lebih akrab dikenal dengan sebutan ekstrakulikuler.

"Habis itu ada after school, jadi pulangnya kalau aku biasanya SMP pulang jam 8 atau jam 9 malam," lanjut Haruka.

Vincent dan Desta Syok

Mendengar jawaban Haruka yang demikian, Desta sontak terkejut. Ia lantas mengaitkan hal tersebut dengan tingkat stres warga Jepang yang tinggi.

"Hah? gimana nggak stres orang Jepang ya?," sahut Vincent Rompies. "Tapi tetap aja sampai jam 8, jam 9 (malam), itu after school kan belajar lagi, ya ampun," ucap Desta menimpali.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading