Sukses

Entertainment

Asmirandah Berbagi Cara Menenangkan Anak saat Menangis, Harus Tenang

Fimela.com, Jakarta Asmirandah berbagi cara menenangkan anak semata wayangnya, Chloe saat menangis. Tidak dengan marah-marah dan panik, Asmirandah justru menenangkannya dengan mengajak sang buah hati mengatur nafasnya. 

Melalui akun instagram, Asmirandah berbagi video cara dirinya menenangkan buah hatinya. Asmirandah pun terlihat tenang saat sang anak masih terlihat menangis dan sedih. 

Dalam keterangan videonya, Asmirandah mengatakan banyak sekali netizen yang menanyakan padanya mengenai kestabilan emosi Chloe. Dia pun menengaskan bahwa Chloe sedari kecil sudah diajarkan olehnya untuk mengatur emosi. 

"Karena banyak yang tanya tentang kestabilan emosi Chloe, 'Chloe gak pernah nangis ya? Gak pernah tantrum ya? Gak pernah marah marah ya?' sebenernya bukannya gak pernah, tapi memang sangat jarang sekali terjadi," kata Asmirandah. 

"Bisa dibilang emosi Chloe memang tenang, dia bisa mengatur emosinya sendiri karena sedari dini aku ajarkan cara mengatur emosi," tambah Asmirandah

Bukan Hal yang Mudah

Asmirandah mengakui bukan hal yang mudah membuat Chloe sampai ada di titik sekarang. Dia juga menuturkan bahwa banyak belajar mengenai emosi anak dari dokter. 

"Memang gak mudah, prosesnya juga panjang. Aku juga belajar dari dokter @dimple.nagrani yang selalu mengingatkan aku kalau anak bisa merasakan emosi orangtua, kalau orangtuanya tenang, anak juga akan ikutan tenang," tuturnya. 

Cerita Asmirandah

Asmirandah lalu menceritakan pertama kali mengajarkan Chloe cara mengelola emosi. Saat itu anaknya ingin digendong Asmirandah. Namun di satu sisi dia tidak bisa melakukan hal tersebut. 

"Awalnya aku pakai cara ini saat Chloe sudah 1 tahun lebih (lupa usia tepatnya) suatu malam karena minta digendong (tapi posisinya aku lagi gak bisa gendong dia) dan karena Chloe juga udah ngantuk akhirnya nangis sampai teriak," ceritanya. 

"Dari situ aku ajak untuk tenangin diri, aku ajak untuk atur napas. Tarik napas dan buang napas (mirip kayak di video tapi posisinya aku hadap hadapan), setelahnya ku ajak bicara berdua pelan pelan sambil peluk dia (tetap tidak digendong) hanya peluk dia ditempat tidur aja, 'sayang gak perlu teriak-teriak ya, gapapa kalau nangis mama temenin, tapi ggak perlu teriak, mama minta maaf mama gak bisa gendong kakak, mama lagi sakit' makin lama makin tenang," tambahnya. 

Setelah tenang, akhirnya Chloe tertidur sambil memeluk bantal. Dari situlah, dia merasa berhasil mengajarkan anak mengelola emosi. "Akhirnya Chloe sendiri minta tiduran sendiri sambil peluk bantal, gak minta digendong lagi dari kejadian itu aku sering ajak Chloe untuk tenangin diri agar bisa mengatur emosinya. saat terjatuh, atau merengek minta sesuatu juga ku ajak atur napas agar bisa bicara pelan-pelan. 'Ayo tarik nafas buang napas dulu, baru ngomong sama mama pelan pelan, jadi mama bisa ngerti kaka mau apa? Oke?'," ujarnya. 

Terkait Video

Selanjutnya, Asmirandah bercerita mengenai alasan sang buah hati menangis saat di video yang diunggahnya itu. Di akhir unggahannya, dia berharap agar apa yang di share bisa bermanfaat. 

"Nah di video ini Chloe abis main kipas lipat, saking happynya ngipas-ngipas kena area deket alisnya, terus nangis dan lapor ke mama abis kena kipas, langsung minta kasih obat dan tenangin diri deh. Semoga bermanfaat," tutupnya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading