Sukses

Entertainment

Tuan Tigabelas dan Yacko Bakal Wakili Indonesia di Gelaran SXSW 2023

Fimela.com, Jakarta Dua tokoh yang disegani di skena hip hop Indonesia, Tuan Tigabelas dan Yacko siap mewakili Indonesia di festival ternama dunia South By Southwest (SXSW) 2023. Fesitval bergengsi ini akan digelar di Austin, Texas, Amerika Serikat pada 10 sampai 19 Maret 2023.

Keduanya akan tampil di sesi showcase bertajuk Tiger Den pada 15 Maret 2023. Mereka akan menjadi bagian sejarah SXSW yang menampilkan deretan musisi dari Asia serta diaspora Asia.

Tiger Den dikurasi oleh band dan kolektif K-pop alternatif ternama Balming Tiger dan perusahaan entertainment Amerika Serikat yang didedikasikan untuk kultur Asia, Jaded. Sebanyak 19 musisi dijadwalkan tampil di dua panggung Tiger Den yang bertempat di Cheer Up Charlies yang bertempat di pusat kota Austin.

Balming Tiger yang akhir tahun lalu berkolaborasi dengan RM BTS dipastikan menjadi bintang utama gelaran Tiger Den. Sederet musisi Asia selain Yacko dan Tuan Tigabelas lainnya turut tampil di Tiger Den termasuk musisi pop Singapura Shye, musisi R&B Malaysia Lunadira, penyanyi pop Filipina Ena Mori, serta berbagai DJ asal Korea Selatan.

 

Indonesia Represent

Yacko dan Tuan Tigabelas akan mengikuti jejak sejumlah musisi Indonesia yang pernah tampil di SXSW seperti Efek Rumah Kaca, White Shoes & The Couples Company, The SIGIT, dan Shaggydog.

Tiger Den akan menjadi penampilan Amerika Serikat perdana bagi sebagian musisi di lineup Tiger Den. Bahkan, bagi sebagian dari mereka, Tiger Den akan menjadi momen kali pertama menginjakkan kaki di Amerika Serikat. Jaded dan Balming Tiger bangga dapat menjadi bagian dari pencapaian tersebut dan sangat gembira dapat memberikan panggung kepada musisi-musisi Asia di lineup Tiger Den dengan penonton yang berskala global.

Tiger Den merupakan evolusi dari acara individual Jaded dan Balming Tiger pada SXSW 2022 yang sekaligus menjadi acara pertama mereka di SXSW. Pada 2022, band pop Jepang CHAI menjadi bintang utama acara Jaded di SXSW yang menjadi showcase pan-Asia dan multi-genre pertama di SXSW. Sementara itu, acara Joyful Delivery oleh Balming Tiger menjadi acara pertama yang dipersembahkan oleh musisi Korea di sejarah SXSW. Tahun ini, Jaded dan Balming Tiger berkolaborasi untuk mempersembahkan sebuah acara berskala lebih besar yang turut mencetak sejarah di perjalanan festival SXSW.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading