Sukses

Entertainment

Dikenal di Era 90an, Fryda Lucyana Kembali Eksis dengan Single Anyar

Fimela.com, Jakarta Nama Fryda Lucyana kembali terdengar di blantika musik Tanah Air. Ia baru saja merilis sebuah tembang anyar di tahun 2023 berjudul "Sumpahku".

Lagu ini menjadi kolaborasi sang penyanyi 90an dengan hitmaker, Ryan Kyoto. Proses kreatif mereka dalam menggarap lagu ini berlangsung selama dua tahun terakhir.

Untuk menyegarkan ingatan, Fryda sempat dikenal di industri musik lewat lagu 'Rindu' karya maestro Eros Djarot. Lagu ini masih kerap dinyanyikan dan direkam ulang oleh sejumlah penyanyi terkenal lain, dan masih sering di-request dalam setiap penampilan Fryda.

Ia juga menelurkan hits bertajuk "S'gala Rasa Cinta" ciptaan almarhum Dorie Kalmas dan Fryda Lucyana sendiri. Kini ia suguhkan karya baru dengan warna berbeda.

Ekspresi Cinta

Sukses dengan dua lagu itu, Fryda tergerak untuk berinteraksi dan berdiskusi kreatif dengan Ryan demi menciptakan karya baru. Fryda dan Ryan sudah kenal lama bahkan punya ikatan saudara. Namun, keduanya belum pernah berkolaborasi menciptakan satu karya.

Ryan beberapa kali bercanda, "Fryda itu adik yang gak mau nyanyiin lagu abangnya.". Sebaliknya Fryda balas mencandai, "Ryan Kyoto adalah seorang abang yang hitmaker, tapi gak mau bikinin lagu buat adiknya.". Melalui proses yang sering terkendala waktu, akhirnya Ryan Kyoto dan Fryda Lucyana bersepakat untuk melakukan kolaborasi kreatif.

Perlu waktu cukup lama bagi Fryda untuk melanjutkan kerja kolaborasi kreatif dengan Ryan Kyoto, sampai lagu "Sumpahku" ini terealisir. Suasana batin yang 'dalam' itu terasa lewat vokal Fryda yang sangat kuat mengartikulasikan lirik dan mengekspresikan melodi lagu "Sumpahku" karya Ryan Kyoto ini. Fryda berhasil mengekspresikan dan menyajikan lagu ini sebagai refleksi cinta yang dirasakan semua orang.

"Single ini mengekspresikan komitmen cinta yang sangat kuat, menegaskan kesetiaan dan keteguhan sikap, bahwa cinta pertama adalah cinta terakhir yang abadi selamanya," jelas Fryda.

Perekat Kembali

Single "Sumpahku" tidak hanya wujud hasrat dan keinginan Fryda memenuhi harapan, menyapa dan merangkul lebih erat para penggemar dan penikmat lagu-lagunya selama ini, termasuk para sahabat dan kerabatnya. Juga bukan hanya untuk merawat eksistensinya sebagai pelaku seni yang sangat mencintai dunia nyanyi. Jauh dari itu, lewat karya Ryan Kyoto ini, Fryda juga menebar keindahan artistik dan estetik, sekaligus menghidupkan kesadaran penikmat lagu ini untuk selalu merawat cinta.

"Single "Sumpahku" mengungkapkan, bahwa cinta itu menyatukan yang terserak, mendekatkan yang jauh, memesrakan yang dekat, untuk sama-sama berkomitmen saling memuliakan,"ujar Fryda.

Sejumlah nama besar yang tak asing lagi di blantika musik Indonesia terlibat. Fryda menyebut, selain dirinya sebagai vokalis sekaligus Executive Producer dan Ryan Kyoto sebagai komposer. Ada juga Sandy Canester selaku music producer sekaligus arranger bersama Rio Ricardo. Dewa Budjana pun terlibat sebagai special appearance on guitar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading